Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Isu Bjorka Retas Data Jokowi, BSSN Gandeng Bareskrim dan Langsung Validasi Istana

Minggu, 11 September 2022 – 01:40 WIB
Isu Bjorka Retas Data Jokowi, BSSN Gandeng Bareskrim dan Langsung Validasi Istana - JPNN.COM
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggandeng Bareskrim Polri untuk menyikapi klaim peretas yang mengatasnamakan diri sebagai Bjorka yang mengeklaim telah membobol keamanan data milik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ilustrasi Foto: Mercurius Thomos Mone/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggandeng Bareskrim Polri untuk menyikapi klaim peretas yang mengatasnamakan diri sebagai Bjorka yang mengeklaim telah membobol keamanan data milik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"BSSN juga telah melakukan koordinasi dengan penegak hukum, antara lain dengan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri untuk mengambil langkah-langkah penegakan hukum," kata Juru Bicara BSSN Ariandi Putra dalam keterangan yang diterima, Sabtu (10/9).

BSSN menyatakan langkah itu diambil menyikapi dugaan insiden kebocoran data yang terjadi pada beberapa Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Ariandi menerangkan BSSN telah melakukan penelusuran terhadap beberapa dugaan insiden kebocoran data yang terjadi, serta melakukan validasi terhadap data-data yang dipublikasikan.

"BSSN telah melakukan koordinasi dengan setiap PSE yang diduga mengalami insiden kebocoran data, termasuk dengan PSE di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara," jelas dia.

Menurut Ariandi, BSSN bersama dengan PSE terkait telah dan sedang melakukan upaya-upaya mitigasi cepat untuk memperkuat sistem keamanan siber.

"Guna mencegah risiko yang lebih besar pada beberapa PSE tersebut," jelas dia.

Dia juga menegaskan keamanan siber merupakan tanggung jawab bersama.

BSSN menyatakan langkah ini diambil menyikapi dugaan insiden kebocoran data yang terjadi pada beberapa Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close