Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Isu Myanmar Jadi Agenda Pertemuan Para Menlu ASEAN dan Australia di Jakarta

Rabu, 12 Juli 2023 – 23:44 WIB
Isu Myanmar Jadi Agenda Pertemuan Para Menlu ASEAN dan Australia di Jakarta - JPNN.COM
Biarawati, Suster Ann Rose Nu Tawng (kedua kanan) berlutut di depan aparat kepolisian untuk memohon agar menahan diri dari kekerasan terhadap anak-anak dan penduduk di tengah unjuk rasa anti kudeta militer di Myitkyina, Myanmar, Senin (8/3/2021). Foto: ANTARA FOTO/MYITKYINA NEWS JOURNAL/Handout via REUTERS/wsj.

Isu Myanmar akan menjadi agenda utama dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Australia Senator Penny Wong dengan mitranya dari ASEAN di Jakarta. 

Sejak junta militer mengambil alih kekuasaan di Myanmar pada Februari 2021, negara itu dikucilkan dari forum ASEAN, meski berbagai upaya telah dilakukan untuk merangkulnya kembali.

Pemerintahan sementara di Thailand, misalnya, menginisiasi perundingan dengan junta Myanmar di Pattaya pada Juni lalu, namun negara utama seperti Indonesia dan Malaysia menolak dan hanya Kamboja yang menyatakan kesiapannya hadir.

Indonesia telah mendorong penyelesaian isu Myanmar yang melibatkan semua pemangku kepentingan, mulai dari junta militer, politisi, dan aktivis sipil untuk duduk bersama mencari solusi.

Namun, Myanmar sejauh ini belum menunjukkan kemajuan berarti dalam upayanya untuk mengembalikan proses demokrasi ke tangan sipil.

Menlu Penny Wong mengatakan, ASEAN yang kuat sangat diperlukan bagi stabilitas kawasan sehingga Australia akan terus bekerja dengan ASEAN untuk mewujudkan hal itu.

"Australia memandang ASEAN sebagai pusat kawasan yang stabil, damai, dan makmur. Australia memiliki hubungan keluarga yang mendalam, pendidikan, pariwisata, dan bisnis dengan negara-negara Asia Tenggara, dan masa depan kami erat kaitannya dengan masa depan kawasan yang kita huni bersama," papar Menlu Penny Wong.

Isu Perang Ukraina dan Laut Tiongkok Selatan

Selain bertemu dengan para Menlu ASEAN, Menlu Penny Wong juga akan berbicara dengan mitranya, Menlu AS, Tiongkok, Rusia, India, Jepang, Korea Selatan dan Selandia Baru dalam forum East Asia Summit.

Isu Myanmar akan menjadi agenda utama dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Australia Senator Penny Wong dengan mitranya dari ASEAN di Jakarta

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close