Alexa Analytics
Gerakan Satu Indonesia Stop Corona

Italia Lockdown, Mabes AD Minta Pengadaan Mesin X-Ray dari Negara Lain

Minggu, 05 April 2020 – 06:20 WIB
Italia Lockdown, Mabes AD Minta Pengadaan Mesin X-Ray dari Negara Lain - JPNN.COM
Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa. Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa terus memantau RSPAD dalam menangani pasien virus corona.

RSPAD yang merupakan rumah sakit rujukan pun terus berupaya menambah fasilitas yang dibutuhkan dalam penanganan pasien yang terpapar virus corona.

Salah satu dokter di RSPAD, Joko sempat berkomunikasi dengan Jenderal Andika pada teleconference yang digelar Jumat (3/4). Joko melaporkan soal pengadaan mesin x-ray untuk menangani pasien corona.

“Kami membutuhkan lima mobile x-ray, 15 wall shielding, tiga Flat Digital Radiolodi, dan lima baju pelindung radiasi secepatnya. Kami sudah ajukan untuk x-ray, namun barang perkiraan akan sampai sekitar pertengahan April,” Joko.

Joko menambahkan, untuk pengadaan x-ray, RSPAD sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan), sedangkan alat-alat pelengkap penggunaan x-ray, belum masuk dalam daftar pengadaan dari Kemhan.

Jenderal Andika yang mengetahui hal tersebut langsung meminta Aslog Kasad Mayjen Jani Iswanto untuk berkoordinasi dengan pihak terkait sehubungan dengan pengadaan alat kesehatan yang diperlukan.

Aslog Kasad melaporkan, penyediaan mobile x-ray memang lama karena didatangkan dari Italia. Diketahui, saat ini Italia sedang menjalani lockdown atas kasus wabah Covid-19.

“Berarti harus cari alternatif lain, karena Italia belum tahu kapan dibuka. Minta vendor untuk mencari dari negara lain, kalau bisa dipercepat jangan menunggu hingga pertengahan April,” kata Jenderal Andika.

loading...