Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Iwakum Desak Polisi Bongkar Kasus Perusakan Mobil Jurnalis

Rabu, 07 Agustus 2024 – 13:30 WIB
Iwakum Desak Polisi Bongkar Kasus Perusakan Mobil Jurnalis - JPNN.COM
Ketua Umum Iwakum Ryan Suhendra. Foto: Iwakum

jpnn.com, JAKARTA - Ikatan Wartawan Hukum (Iwakum) mengutuk dugaan teror terhadap jurnalis Tempo Husein Abri Dongoran. Pengisi siniar atau podcast Bocor Alus Politik itu diduga diteror dengan perusakan mobilnya oleh orang tak dikenal, Senin (5/8).

Iwakum mendesak pihak kepolisian untuk mengusut tuntas dan membekuk pelaku. Selain itu, pihak kepolisian juga mengusut motif dugaan teror tersebut.

"Polisi harus berani mengusut hingga tuntas kejahatan ini dan jangan berhenti dengan menangkap pelaku, tetapi juga harus mengungkap motif dan kemungkinan adanya pihak lain yang terlibat," kata Ketua Umum Iwakum Ryan Suhendra dalam keterangannya, Selasa (6/8).

Ryan mengatakan pelaku dugaan teror terhadap Husein dapat dijerat dengan Pasal 170 ayat (1) KUHP dan Pasal 406 ayat (1) KUHP tentang perusakan. Tak hanya itu, Ryan juga meminta pihak kepolisian menjerat pelaku dengan Pasal 18 UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers atau UU Pers jika teror ini berkaitan dengan kerja Husein sebagai wartawan.

"Untuk itu, Iwakum meminta kepolisian mengusut hingga tuntas kasus ini," tegasnya.

Pasal 170 ayat (1) KUHP menyatakan, "Barang siapa yang di muka umum bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang, dihukum penjara selama-lamanya lima tahun enam bulan."

Sementara Pasal 406 KUHP menyebutkan, "Barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum menghancurkan, merusakkan, membikin tak dapat dipakai atau menghilangkan barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain, diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan atau pidana denda paling banyak Rp 4.500."

Pasal 18 UU Pers sendiri menyebutkan, "Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta."

Iwakum mendesak pihak kepolisian untuk mengusut tuntas dan membekuk pelaku perusakan mobil jurnalis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA