Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jadi Inspektur Upacara, Bamsoet Mengenang Sabam Sirait

Senin, 04 Oktober 2021 – 13:51 WIB
Jadi Inspektur Upacara, Bamsoet Mengenang Sabam Sirait - JPNN.COM
Bambang Soesatyo menjadi Inspektur Upacara pada pemakaman Sabam Sirait. Foto: Dokumentasi MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menjadi Inspektur Upacara dalam pemakaman anggota MPR RI paling senior Sabam Sirait.

Pemakaman yang diadakan secara militer itu dilakukan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta, Minggu sore (3/10).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly hadir untuk mewakili pemerintah.

Hadir pula Wakil Ketua DPD RI Sultan B Nadjamuddin, anggota DPD RI yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie, anggota DPD RI Silvyana Murni, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Puranama atau Ahok, dan Komaruddin Watabun untuk mewakili DPP PDIP.

Pada upacara pemakaman penerima Bintang Mahaputera Utama ini, Bambang mengatakan perjalanan hidup Sabam Sirait seperti rangkaian diorama kehidupan yang menggambarkan besarnya kiprah dan pengabdian almarhum.

Bambang sapaan karibnya menyebutkan kontribusi dan sumbangan pemikiran Sabam telah dilembagakan dalam berbagai institusi yaitu sebagai Anggota DPR Gotong Royong (periode 1967-1973), sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Agung (periode 1983 hingga 1992), sebagai Anggota DPR RI dan MPR RI (periode 1973-1982 dan periode 1992-2009), serta Anggota DPD RI dan MPR RI (tahun 2018-2019 dan periode MPR 2019-2024).

Bamsoet sapaan Bambang Soesatyo mengaku mengenal Sabam Sirait sebagai pribadi yang mencurahkan segenap tenaga dan pemikirannya untuk kemajuan demokrasi di Indonesia.

Ketua DPR ke-20 itu juga menilai Sabam Sirait sebagai guru sekaligus teladan dalam kehidupan berpolitik, berbangsa, dan bernegara.

Ketua MPR RI Bamsoet menjadi Inspektur Upacara dalam pemakaman anggota MPR RI paling senior Sabam Sirait.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close