Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jadwal Kualifikasi PD 2018 Zona Eropa: Big Match di Bernabeu

Sabtu, 02 September 2017 – 10:52 WIB
Jadwal Kualifikasi PD 2018 Zona Eropa: Big Match di Bernabeu - JPNN.COM
Skuat Spanyol saat latihan di Santiago Bernabeu. Foto: AFP

jpnn.com, MADRID - Inilah laga yang paling ditunggu dalam jeda internasional kali ini. Spanyol vs Italia di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA Grup G. Dua juara dunia dan dua kampiun Eropa bertarung di Santiago Bernabeu, Minggu (3/9) dini hari.

Selain Spanyol dan Italia, tim-tim lain cuma jadi cameo grup G. Israel, Albania, Makedonia, dan Liechtenstein tak ubahnya sekedar jadi lawan 'uji tanding' sebelum Azzurri dan La Roja saling bertemu. Pada pertemuan pertama kedua tim di Turin 6 Oktober tahun lalu, kedua tim bermain imbang 1-1.

Kedua tim dalam enam pertandingan yang sudah dilakoni sama-sama mengemas poin 16. Hasil lima kali menang dan sekali seri. Namun Spanyol berhak duduk di posisi teratas karena agregat memasukkan dan kemasukan gol lebih baik daripada Italia.

Tiga angka di laga ini memperbesar langkah antara Italia atau Spanyol lolos ke Piala Dunia 2018 secara langsung sebagai juara grup. Kalau jalur runner-up, maka harus berjuang lewat play-off.

Jelang pertemuan kedua tim ini, Spanyol belum terkalahkan sejak era entrenador baru Julen Lopetegui. Sejauh ini, pria berusia 51 tahun tersebut menunjukkan estafet kepelatihan dari tangan Vicente Del Bosque kepada dirinya sama sekali tak bermasalah. Dari sepuluh pertandingan, Lopetegui menang tujuh kali dan seri tiga kali.

Lopetegui juga melakukan peremajaan skuad meski beberapa figur vital di tim masih dipertahankan. Seperti Sergio Ramos, Andres Iniesta, Gerard Pique, dan Sergio Busquets. Belakangan nama David Villa, veteran Euro 2008 dan Piala Dunia 2010, kembali dipanggil setelah absen bersama timnas dalam dua tahun belakangan.

Kehadiran Villa ini disebabkan penyerang Spanyol Diego Costa urung bergabung karena masa depannya belum jelas bersama Chelsea. Sejak pelatih Chelsea Antonio Conte tak menjadikan Costa sebagai rencana utama timnya, Costa ngambek. Eks penyerang Atletico Madrid itu tak kembali ke London dan malah berada di kampungnya di Brasil.

Hadirnya Villa ini dibaca harian Spanyol Marca sebagai langkah Spanyol akan bermain dengan false nine. Formasi ini sempat mengemuka di era Del Bosque dan membawa Spanyol pada era kejayaan di Piala Dunia 2010 serta Euro 2012 lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close