Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jagatps.id Resmi Diluncurkan, Aldera Optimistis Bisa Hitung Hasil Pemilu 3 Hari Pascapencoblosan

Senin, 18 September 2023 – 18:39 WIB
Jagatps.id Resmi Diluncurkan, Aldera Optimistis Bisa Hitung Hasil Pemilu 3 Hari Pascapencoblosan - JPNN.COM
Aldera meluncurkan jagatps.id. Aldera optimistis mampu mengumumkan hasil peroleh suara pada tiga hari pascapencoblosan. Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Aldera atau Aliansi Demokrasi Rakyat optimistis mampu mengumumkan hasil peroleh suara pada Pemilihan Umum 2024 tiga hari setelah pencoblosan, dengan platform Jagatps.id yang resmi diluncurkan, Senin (18/9).

Sekretaris Umum Aldera Dr. Valentina Sagala mengatakan bahwa kecepatan dalam penghitungan hasil pemilu sangat penting guna meminimalkan potensi penyalahgunaan yang berdampak pada kecurangan.

Menurutnya, proses penghitungan hasil pemilu merupakan tahapan sangat krusial. Makin lama proses itu dilakukan, kian besar potensi kecurangan yang bakal terjadi.

"Oleh karena itu kami memperkenalkan sebuah sistem informasi teknologi yang meliputi pengumpul, verifikasi, input rekapitulasi, dan penulisan pengumuman hasil pemilu. Kami optimistis dapat mengumumkan hasil pemilu tersebut tiga hari setelah hari pencoblosan," kata Valentina dalam keterangan tertulis, Senin (18/9).

Valentina di sela-sela peluncuran Jagatps.id di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/9), menjelaskan bahwa jagatps.id, merupakan sistem berbasis informasi teknologi.

Dia meyakini akurasi perhitungan suara tak akan berbeda jauh karena dua suarelawan yang ditempatkan di setiap TPS akan meng-upload penghitungan suara berdasarkan C1 plano.

"Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengawasi 823.200 TPS. Untuk itu, kami berharap akan menghimpun dua orang sukarelawan di tiap TPS untuk menjadi juru catat dan kemudian akan melakukan input, sehingga dapat kami infokan 3 hari setelah pencoblosan," ungkap Valentina.

Secara teknis, Valentina menjelaskan mekanisme penggunaan jagatps.id dimulai dari dua sukarelawan yang akan melakukan pencatatan penghitungan suara di setiap TPS di seluruh Indonesia.

Aldera meluncurkan jagatps.id. Aldera optimistis mampu mengumumkan hasil peroleh suara pada tiga hari pascapencoblosan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close