Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jakarta Diimbau Siaga Banjir, Air di Bendung Katulampa Bogor Naik

Senin, 10 Oktober 2022 – 04:43 WIB
Jakarta Diimbau Siaga Banjir, Air di Bendung Katulampa Bogor Naik - JPNN.COM
Suasana aliran Sungai Ciliwung di Jembatan sekitar Pasar Induk Jambu Dua Kota Bogor pada pukul 20.30 WIB setelah kenaikan tinggi muka air Bendung Katulampa menjadi siaga 1 banjir Jakarta pada Minggu (9/10/2022). (ANTARA/Linna Susanti)

jpnn.com, KOTA BOGOR - Tinggi muka air (TMA) Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat mencapai 220 cm pada Minggu (9/10) pukul 19.16 WIB.

Hujan deras di kawasan Puncak berdampak menaikkan TMA di Bendung Cibalok, Desa Gadog, Kecamatan Megamendung Kabupaten mencapai 150 cm pada pukul 19.00 WIB sehingga membuat TMA Bendung Katulampa mencapai puncaknya siaga 1 banjir Jakarta.

"TMA naik begitu cepat dari Siaga 2 ke siaga 1 karena arus Sungai Ciliwung dari Bendung Cibatok juga naik hanya selang sekitar dua menit. Kemungkinan karena hujan deras di Puncak," kata Kepala Petugas jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman di Kota Bogor, Minggu.

Andi menyampaikan TMA berangsur turun ke Siaga 2 kembali dengan ketinggian 170 cm pada pukul 20.15 WIB.

Kini, tinggi muka air di Bendung Katulampa sudah berada di posisi siaga 3 banjir Jakarta dengan ketinggian 120 cm pada pukul 21.00 WIB.

Menurut prakiraan BMKG pada Minggu (9/10), hujan deras yang turun sejak pukul 15.00 WIB di wilayah Kota Bogor baru akan kembali cerah pada pukul 22.00 WIB.

Wilayah yang akan terdampak, di antaranya, Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten dan Kota Sukabumi.

Kemudian, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Sumedang, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran.

Tinggi muka air Bendung Katulampa, Kota Bogor, sempat mencapai 220 cm alias Siaga 1. Waspada banjir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close