Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jalur Majalengka-Kuningan Diterjang Longsor, Polisi Lalu Lintas Terapkan Sitem Buka Tutup

Selasa, 12 Maret 2024 – 22:09 WIB
Jalur Majalengka-Kuningan Diterjang Longsor, Polisi Lalu Lintas Terapkan Sitem Buka Tutup - JPNN.COM
Suasana saat petugas gabungan membersihkan jalan dari material longsor yang sempat menutup jalan penghubung Majalengka-Kuningan, Jawa Barat. Foto: ANTARA/Fathnur Rohman

jpnn.com, MAJALENGKA - Jalan nasional penghubung Majalengka-Kuningan diterjang bencana longsor.

Satlantas Polres Majalengka, Jawa Barat, terpaksa memberlakukan sistem buka tutup untuk lalu lintas pada jalur tersebut.

"Jalan nasional di kawasan Cikijing resmi dibuka kembali sejak Senin (11/3) sore. Namun, kami masih menerapkan sistem buka tutup untuk lalu lintasnya," kata Kepala Satlantas Polres Majalengka AKP Mochammad Ali di Majalengka, Selasa.

Ali menjelaskan bahwa penerapan sistem itu sebagai langkah antisipasi guna mencegah hal tidak diinginkan. Hal ini mengingat jalan nasional yang menghubungkan Kuningan menuju Majalengka sampai Ciamis masih rawan longsor.

Dari hasil uji coba, menurut dia, menunjukkan kontur tanah di area jalur penghubung ini cukup labil dan saat hujan deras terjadi bisa berpotensi longsor.

Oleh sebab itu, pihaknya memutuskan memberlakukan sistem buka tutup demi keselamatan pengendara serta kebijakan ini bersifat situasional.

"Hasil uji coba kemarin sudah bisa dilalui. Namun, kami memutuskan untuk buka tutup jalur," ujar dia.

Saat kondisi cuaca cerah, kata dia, jalur tersebut akan dibuka sehingga para pengendara bisa melintasinya dengan aman. Akan tetapi, jika hujan deras, jalan bakal ditutup dan mereka harus melewati rute alternatif.

Jalan nasional penghubung Majalengka-Kuningan diterjang bencana longsor. Polisi terpaksa memberlakukan sistem buka tutup untuk lalu lintas pada jalur tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close