Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jalur Neraka di Tol Brebes: Musibah atau Sabotase soal Tito Karnavian?

Sabtu, 09 Juli 2016 – 11:40 WIB
Jalur Neraka di Tol Brebes: Musibah atau Sabotase soal Tito Karnavian? - JPNN.COM
Kemacetan di pintu tol Brebes Timur saat arus mudik beberapa hari yang lalu. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane mendesak pengusutan tuntas kasus kemacetan parah di tol Brebes, Jawa Tengah.

Menurut Neta, hal ini untuk mengetahui apakah kemacetan selama 25 jam di tol Brebes itu akibat ketidakbecusan dalam melakukan rekayasa lalu lintas. 

"Atau atau ada unsur kesengajaan semacam sabotatase atau melawan dengan diam berkaitan naiknya Tito Karnavian sebagai Kapolri yang melangkahi enam angkatan di atasnya," kata Neta, Sabtu (9/7).

Terlepas dari hal itu, Neta menambahkan, kemacetan parah yang membuat jalur neraka yang menewaskan belasan orang di Brebes menjadi tanggung jawab Kakorlantas Polri dan Kapolda Jateng.

Sebab dalam sinergi mengendalikan arus mudik ada lima instansi yang terlibat dan menjadi lima pilar. Tapi dalam tugasnya masing-masing punya bidang pekerjaan.

Kelima pilar itu, pertama manajemen lalu lintas ada pada Bappenas. Kedua, Kementerian PU menguji masalah kelaikan jalan, yang di dalamnya ada Badan Pengelolaan Jalan Tol (BPJT). Ketiga, Kementerian Perhubungan mengontrol masalah kelaikan kendaraan (angkutan umum) dan fasilitas kelaikan keselamatan lalu lintas. 

Keempat, Polri yang bertanggung jawab dalam rekayasa lalu lintas, pembinaan, dan penegakan hukum. Kelima, Kementerian Kesehatan yang bertanggung jawab pascakejadian atau penanganan korban laka lantas post crash. "Dari lima pilar ini bisa diketahui, siapa yang harus bertanggung jawab dalam kasus jalur neraka yang menewaskan belasan orang tersebut," katanya. (boy/jpnn)

JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane mendesak pengusutan tuntas kasus kemacetan parah di tol Brebes, Jawa Tengah. Menurut

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close