Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jalur Selatan KA Akan Lumpuh 4 Hari

Kamis, 26 Februari 2009 – 06:11 WIB
Jalur Selatan KA Akan Lumpuh 4 Hari - JPNN.COM
Foto: Zaenal Miftahudin/Radar Tasikmalaya/jpnn
GARUT - Menyusul amblasnya jalan kereta api (KA) di betulan Kampung Cikadongdong RT03/03 Desa Mekarmulya Kecamatan Malangbong Selasa (24/2), jalur selatan KA ditutup total. Untuk sementara, jalur KA jurusan Bandung - Surabaya dan sebaliknya dialihkan ke jalur utara melalui Cikampek.

Kendati jalur selatan lumpuh, namun bagi  para penumpang yang akan menggunakan jasa KA dari Bandung  ke Surabaya atau sebaliknya, masih tetap berjalan seperti biasanya melalui jalur utara dengan beda waktu sekitar 3 jam.   Menurut Kepala Daerah Oprasional (Daop) II Bandung Ir Rustam Harahap, jumlah perjalanan KA yang melewati jalur selatan menuju timur dan sebaliknya, per hari mencapai 14 perjalanan yang terdiri dari 7 KA.

Ketujuh KA yang bisa melewati jalur selayan itu lanjut Rustam, di antaranya KA Pasundan, Kahuripan, Argo Willis, Turangga, Mutiara Selatan, Lodaya I dan KA Lodaya II.  Rustam memperkirakan jalur selatan akan lumpuh sekitar 4 hari, mulai Rabu (24/3) ke depan. Perkiraan itu sesuai dengan target perbaikan jalur KA yang mengalami amblas.  "Kita menargetkan empat hari (jalur amblas) sudah selesai diperbaiki dan sudah bisa dilewati kembali," katanya kepada Radar Tasikmalaya (Grup JPNN), kemarin.

Agar target itu tercapai, kata Rustam, PT KAI menurunkan 3 unit alat berat serta dua ratus tenaga kerja yang terdiri dari pegawai PT KAI ditambah warga sekitar lokasi longsor. Diharapkan jalur KA sepanjang 80 m dengan ketinggian 6 sampai dengan 8 m itu bisa selesai diperbaiki dalam waktu singkat.

GARUT - Menyusul amblasnya jalan kereta api (KA) di betulan Kampung Cikadongdong RT03/03 Desa Mekarmulya Kecamatan Malangbong Selasa (24/2), jalur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA