Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jalur Sepeda di Canberra Gagal Lindungi Pesepeda

Selasa, 29 September 2015 – 13:19 WIB
Jalur Sepeda di Canberra Gagal Lindungi Pesepeda - JPNN.COM

Jalur pemisah yang diterapkan khusus bagi para pengendara sepeda di sejumlah jalan utama Kota Canberra, Australia, tidak efektif dalam menghentikan jenis kendaraan lainnya menyerobot ke jalur sepeda.

Jalur sepeda yang ditandai dengan garis pemisah dan bahkan dibedakan warnanya pada badan jalan, mulai diujicobakan di Jalan Athlon Drive, Jalan London Circuit serta Jalan Vernon Circle dan Jalan Pialligo Avenue, sejak awal tahun lalu.

Masa ujicoba telah berakhir pada April 2015, dan kini pemerintah negara bagian ibukota (ACT) merilis hasil evalusinya. Salah satu temuannya adalah bahwa garis pemisah jalan tidak menghentikan kebiasaan mobil menyeborot ke jalur sepeda. 

Jalur Sepeda di Canberra Gagal Lindungi Pesepeda
Ujicoba selama satu tahun menyimpulkan garis jalan yang memisahkan jalur sepeda dan mobil di Canberra tetap diserobot oleh pengendara mobil.

 

Menurut John Armstrong dari kelompok advoksi pesepeda Pedal Power ACT, garis pemisah gagal melindungi pesepeda, bahkan menimbulkan kasus kecelakaan.

"Ujicoba ini sangat bagus dan didorong oleh motivasi untuk mencari cara melindungi pesepeda. Namun hal ini tidak terjadi," katanya.

"Bahkan ada separator yang justru memicu kecelakaan, karena tidak tampak dengan jelas oleh para pesepeda," jelas Armstrong.

Jalur pemisah yang diterapkan khusus bagi para pengendara sepeda di sejumlah jalan utama Kota Canberra, Australia, tidak efektif dalam menghentikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA