Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

JAMAN: Program Bansos Harus Lanjut Terus, Jangan Sampai Dipolitisasi untuk Kandidat Tertentu

Jumat, 05 Januari 2024 – 21:37 WIB
JAMAN: Program Bansos Harus Lanjut Terus, Jangan Sampai Dipolitisasi untuk Kandidat Tertentu - JPNN.COM
Ketua Bidang Sosial DPP JAMAN Mathius Eko Purwanto. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Jaringan Kemandirian (JAMAN) angkat suara terkait polemik lanjut tidaknya program bantuan sosial kepada masyarakat kecil.

DPP JAMAN menegaskan berada pada posisi keberpihakan yang sama dengan Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo – Mahfud MD terkait pentingnya keberlanjutan berbagai program bansos pada pemerintahan periode mendatang.

“Tidak ada yang salah dengan bansos. Program bantuan pangan, kesehatan, beasiswa pelatihan peningkatan skill, biaya pendidikan, dan lain-lain sangat dibutuhkan masyarakat kita. Bansos harus jalan terus, meski di masa kampanye Pemilihan Presiden 2024, karena rakyat kecil butuh makan, butuh hidup, butuh berobat murah dan jaminan-jaminan sosial lainnya, uang rakyat harus kembali kepada rakyat,” kata Ketua Bidang Sosial DPP JAMAN Mathius Eko Purwanto.

Hanya saja, Eko menegaskan jangan sampai tujuan mulia bansos tercemari oleh politisasi yang diarahkan untuk mendukung calon presiden-calon wakil presiden atau calon legislatif.

Maka aparat penegak hukum, KPU ombudsman dan Bawaslu tegas atas segala pelanggaran.

Pada konteks ini, Eko menyayangkan pernyataan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, yang menyebut program bansos merupakan kebijakan, pemberian dan kedermawanan Presiden Jokow Widodo, karena itu, mereka yang mendengarkan pidato Zulkifli Hasan diminta untuk memilih Gibran pada Pilpres 2024.

Sebelumnya, Deputi Hukum TPN Todung Mulya Lubis politisasi bansos untuk kepentingan paslon tertentu yang dilakukan Zulkifli bukan saja salah, tetapi politically incorrect, politically wrong and politically unethical.

“Kami sepakat dengan penegasan TPN, bahwa penyaluran bansos jangan dipolitisasi, apalagi diklaim sebagai bentuk kebaikan hati Presiden Jokowi. Bansos merupakan program pemerintah yang diusulkan ke DPR RI, melalui pembahasan, dan disetujui DPR, kemudian disalurkan lewat Kementerian Sosial,” kata aktivis yang juga menjabat Wakil Direktur Ekseutif Direktorat Juru Kampanye TPN Ganjar-Mahfud.

Dewan Pimpinan Pusat Jaringan Kemandirian (JAMAN) angkat suara terkait polemik lanjut tidaknya program bantuan sosial kepada masyarakat kecil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close