Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jangan Abaikan Fungsi Wiper Mobil, Rutin Lakukan Ini

Minggu, 13 Mei 2018 – 07:00 WIB
Jangan Abaikan Fungsi Wiper Mobil, Rutin Lakukan Ini - JPNN.COM
ilustrasi wiper mobil. (Foto: autobarn/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu komponen ini memang tampak sangat sederhana, namun memiliki fungsi penting bahkan menjaga kenyamanan selama berkendara terutama saat hujan deras, yaitu bilah penyeka atau wiper blade.

Bilah penyeka yang terbuat dari karet tentu menjadi penentu seberapa efektif membersihkan kaca depan mobil dari air, debu atau kotoran yang menempel.

Dengan demikian, perawatan bilah penyeka pada sistem wiper menjadi sangat penting terutama saat musim panas, yang sangat rentan mempercepat kerusakan bilang penyeka karena kering sehingga getas atau rapuh.

Pada dasarnya, perawatan bilah penyeka sangat sederhana. Sebelumnya perlu diketahui batas kewajaran kinerja bilah penyeka antara 6 sampai 12 bulan.

Jika wiper mobil Anda ketika bekerja mengeluarkan bunyi berdecit, membekas di permukaan kaca saat digunakan, lapisan pecah dan atau bergerak kasar, maka secepatnya Anda memeriksanya untuk melakukan pergantian.

Untuk menjaga kinerja bilah penyeka tetap awet, sebaiknya lakukan pemeriksaan 2-3 bulan sekali. Pastikan permukaan bilah penyeka masih mulus dan lentur.

Jangan malas untuk membersihkan bilah penyeka, bisa dengan kertas tisu basah sesaat setelah parkir agar debu yang menempel bersih.

Saat membersihkan karet bilah penyeka sebaiknya gunakan cairan khusus wiper dan usahakan setelahnya lapisi dengan cairan pelindung bahan karet.

Bilah penyeka salah satu komponen di sistem wiper yang memiliki fungsi penting, sehingga perawatan rutin dan menjaganya agar tidak cepat rusak jadi keharusan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Tips

    Musim Hujan Tiba, Saatnya Periksa Karet Wiper Mobil, Begini Caranya

    Senin, 20 Desember 2021 – 21:07 WIB
    Musim Hujan Tiba, Saatnya Periksa Karet Wiper Mobil, Begini Caranya - JPNN.com
  • Tips

    Jangan Biarkan Tabung Air Wiper Mobil Kosong, Ini Dampaknya

    Senin, 14 September 2020 – 16:00 WIB
    Jangan Biarkan Tabung Air Wiper Mobil Kosong, Ini Dampaknya - JPNN.com
X Close