Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jangan Sia-siakan Pengorbanan Rakyat, PSBB Harus Berhasil

Jumat, 24 April 2020 – 19:33 WIB
Jangan Sia-siakan Pengorbanan Rakyat, PSBB Harus Berhasil - JPNN.COM
Juru bicara PSI Dara A. Kesuma Nasution. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berharap PSBB yang telah diberlakukan pemerintah di Jabodetabek serta beberaps kota lainnya berhasil menekan penyebaran virus corona. Pasalnya, rakyat sudah berkorban banyak demi kebijakan tersebut.

"PSI berharap PSBB berhasil. Pengorbanan rakyat jangan disia-siakan. Setelah PSBB mudah-mudahan kehidupan bisa berangsur-angsur normal," kata Koordinator Juru Bicara Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (DPP PSI) Dara Nasution, Jumat (24/4).

Dara mengingatkan pemerintah untuk melaksanakan dua hal penting supaya PSBB berhasil secara maksimal mengurangi wabah sehingga pengorbanan  rakyat yang menderita karena kehilangan penghasilan selama PSBB tidak sia-sia.

Pertama pemerintah benar-benar harus melaksanakan PSBB secara ketat agar efektif menurunkan penyebaran wabah.

"Pelaksanaan PSBB jangan setengah hati seperti PSBB dua minggu lalu di Jakarta. Jalanan masih macet. Tidak ada penegakan hukum atau sanksi bagi yang keluar rumah. Hasilnya, peyebaran wabah tetap terjadi. Kasihan juga kepada rakyat yang sudah berkorban tidak bekerja namun dikhianati oleh warga lain yang bandel. Intinya PSBB harus sangat ketat," tegas Dara.

Kedua, pemerintah harus siapkan swab test (PCR) masif dan gratis selama PSBB. Hanya dengan test yang masif dan gratis PSBB befungsi maksimal. 

"Tanpa test masif dan gratis, PSBB akan sia-sia. Dengan test kita jadi tahu siapa saja dan di mana saja penyebaran COVID-19. Kita jadi tahu kluster penyebaran virus sehingga  bisa diantisipasi penyebarannya," terang Dara.

Jika dua hal di atas diterapkan selama PSBB, PSI berharap sebulan ke depan kehidupan mulai berangsur-angsur normal. “Saya berharap setelah PSBB kehidupan mulai normal. Tentu dengan tetap memperketan gaya hidup seperti tetap menjaga jarak, sering cuci tangan dan memakai masker," ujar dia.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berharap PSBB yang telah diberlakukan pemerintah di Jabodetabek serta beberaps kota lainnya berhasil menekan penyebaran virus corona

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close