Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Janjikan Kereta Api Doubletrack di Lampung, Anies Sebut Tanggal 17 Agustus 2025

Kamis, 07 Desember 2023 – 21:48 WIB
Janjikan Kereta Api Doubletrack di Lampung, Anies Sebut Tanggal 17 Agustus 2025 - JPNN.COM
Capres Anies Baswedan memaparkan gagasannya pembangunannya dalam Dialog Kebangsaan di Kampus Universitas Malahayati, Kamis (7/12/2023). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Capres Anies Baswedan memaparkan gagasannya pembangunannya dalam Dialog Kebangsaan di Kampus Universitas Malahayati, Kamis (7/12). Anies berencana membangun kereta api doubletrack Kertapati-Tanjung Karang-Bakauheuni.

Di hadapan ribuan hadirin yang terdiri dari mahasiswa dan kader partai pengusung pasangan AMIN, Anies memaparkan tentang rencananya membangun kereta api doubletrack tersebut.

Bahkan gubernur DKI periode 2017-2022 itu berencana peletakan batu pertama proyek tersebut dilakukan pada 17 Agustus 2025.

"Saat ini Indonesia penduduknya banyak yang tinggal di kota. Diprediksi pada 2045 penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan 75 persen. Bayangkan jika semua menggunakan kendaraan pribadi," kata Anies.

Saat ini, lanjut Anies, kereta api yang tersedia hanya rute Lampung-Palembang dengan satu jalur. Akibatnya jadwal keberangkatan kereta sangat lambat.

Anies ingin moda transportasi kereta api semakin diminati masyarakat dengan menambah intensitasnya.

"Nah kita ingin membangun doubletrack sehingga jarak yang sekarang 300-an kilometer ditempuh sekitar sembilan jam, dengan doubletrack insyaallah ditempuh dengan lebih cepat dan akan meningkatkan intensitas kereta apinya supaya intensitas antar kota juga meningkat," jelas Anies.

Menurut Anies, jika kereta api hanya berangkat membawa penumpang pada pagi dan malam hari, maka jumlah penumpangnya akan terbatas.

Di hadapan ribuan hadirin, Anies memaparkan tentang rencananya membangun kereta api doubletrack di Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close