Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Janjikan Warga Lulus Anggota Polri, ASN Kemenhub di Payakumbuh Ditangkap

Selasa, 09 Februari 2021 – 23:15 WIB
Janjikan Warga Lulus Anggota Polri, ASN Kemenhub di Payakumbuh Ditangkap - JPNN.COM
Kasat Reskrim AKP M. Rosidi didampingi Kanit I Reskrim IPDA Aiga bersama tersangka penipuan. Foto: ANTARA/Akmal Saputra

jpnn.com, PAYAKUMBUH - Seorang ASN Kementerian Perhubungan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Teluk Bayur, Kota Padang ditangkap Polres Payakumbuh, Sumatera Barat, pada Sabtu (6/2) sore.

ASN berinisial HP, 33, diamankan karena diduga melakukan penipuan dengan modus menjanjikan bisa meloloskan korban menjadi anggota Polri.

Kasat Reskrim Polres Payakumbuh AKP M. Rosidi di Payakumbuh, Selasa mengatakan kasus ini berawal dari laporan korban Deswita warga Tanjung Anau, Kecamatan Payakumbuh Utara ke polisi mengaku ditipu tersangka.

Tersangka pernah menjanjikan bisa meloloskan anaknya sebagai anggota Polri, tetapi karena beberapa bulan belum ada kejelasan korban langsung melapor.

"Jadi tersangka pada awalnya didatangkan ke Polres Payakumbuh sebagai saksi. Setelah dilakukan pemeriksaan, yang bersangkutan langsung dinaikkan status sebagai tersangka," katanya didampingi Kanit I Sat Reskrim Ipda Aiga.

Untuk bisa meluluskan korban yang mendaftar sebagai anggota Polri tersangka meminta uang sebesar Rp100 juta kepada korban.

Ia mengatakan uang tersebut diserahkan korban secara tunai kepada tersangka. Setelah uang diterima ternyata anak korban tidak lulus dan uang tidak dikembalikan.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik, uang tersebut dipergunakan oleh tersangka untuk keperluan pribadi dan dibelikan peralatan untuk membuka usaha berupa flying fox di Jakarta. Tersangka berencana membuka wahana tersebut di daerah Kabupaten Limapuluh Kota.

Seorang ASN Kementerian Perhubungan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Teluk Bayur, Kota Padang ditangkap Polres Payakumbuh, Sumatera Barat, pada Sabtu (6/2) sore.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close