Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jatah Formasi PPPK Guru 2024 Lumayan Banyak, tetapi Uang jadi Penentu

Selasa, 05 Maret 2024 – 07:05 WIB
Jatah Formasi PPPK Guru 2024 Lumayan Banyak, tetapi Uang jadi Penentu - JPNN.COM
Jatah formasi PPPK guru 2043 lumayan banyak, tetapi jumlah yang ditetapkan tergantung kemampuan keuangan daerah. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - BANJARMASIN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) mendapatkan alokasi formasi guru PPPK 2024 sebanyak 1.989 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel Fahrudinoor menjelaskan, alokasi formasi tersebut sebagai bentuk peningkatan jumlah guru teknis maupun nonteknis di Kalsel.

"Saat ini kami melakukan pendataan untuk mengetahui berapa banyak kebutuhan guru yang akan diakomodir oleh daerah," ujarnya di Banjarbaru, Senin (4/3).

Fahrudinoor menyampaikan alokasi formasi 1.989 ini cukup besar hingga harus dikoordinasikan dengan pemerintah daerah dan dinas kepegawaian provinsi.

Koordinasi ini, lanjut Fahrudinoor, untuk menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia di Kalsel untuk jumlah hampir 2.000 PPPK guru yang bakal direkrut.

Fahrudinoor mengatakan, total formasi yang nantinya ditetapkan bisa sesuai atau pun berkurang dari kuota tersebut, ditentukan dari kemampuan keuangan daerah saat ini.

"Kami sampaikan dulu dan akan dikoordinasikan sesuai dengan keuangan daerah. Jadi formasinya bisa kurang atau sesuai dengan formasi yang disediakan," katanya.

Fahrudinoor menerangkan untuk penerimaan PPPK guru akan dikonsentrasikan kepada sekolah yang baru terbentuk, yang pastinya masih kekurangan tenaga pendidik.

Pemda tidak berani menjamin bahwa seluruh jatah formasi PPPK Guru 2024 bisa diakomodir seluruhnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close