Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jawab Keluhan Pelaku Usaha di Pantura, Anies:Gagas Tol Berkeadilan

Sabtu, 23 Desember 2023 – 20:22 WIB
Jawab Keluhan Pelaku Usaha di Pantura, Anies:Gagas Tol Berkeadilan - JPNN.COM
Calon Presiden Anies Baswedan di Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023). Foto: dok Timnas AMIN

jpnn.com, INDRAMAYU - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menemui sejumlah pelaku usaha di Pantura yang omzetnya menurun setelah beroperasinya jalan tol. Pertemuan ini dilangsungkan di Rumah Makan Abah pada Sabtu (23/12).

"Dulunya rumah makan kami ramai, tapi semenjak ada jalan tol jadi sepi. Sekarang kalau ada yang makan, paling cuma 1 orang. Lama-lama ini tidak menutup, sedangkan kami masih harus beli beras, bayar listrik," demikian disampaikan seorang pelaku usaha rumah makan, Ibu Nurdaeni.

Tidak hanya restoran, usaha bengkel yang semula bisa meraup omzet hingga 50 juta, sekarang tak lagi menyentuh angka tersebut. Hal ini membuat si pemilik usaha menyerah dan beralih usaha.

Mendengar keluhan ini, Anies pun menyampaikan sejumlah solusi yang disatukan dalam program Tol Berkeadilan.

"Pembangunan jalan tol itu, mau tidak mau, tetap berlanjut. Di sisi lain, dibutuhkan alternatif untuk pelaku usaha sekitar," paparnya.

Gubernur Jakarta periode 2017-2022 itu lantas menyebut tiga hal yang menjadi fokus dalam program Tol Berkeadilan. Pertama, memprioritaskan usaha makanan lokal untuk masuk ke rest area.

"Kedua, tanah yang dijadikan tol itu harus dihitung sebagai penyertaan modal. Karena kalau dikasih uang banyak dalam waktu singkat, ya habis begitu saja," jelasnya.

Terakhir, sambung Anies, jalan-jalan tak berbayar juga harus diperhatikan. Dengan begitu, jalan yang tadinya sepi karena rusak, bisa kembali ramai. (jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Capres Anies Baswedan menyebut ada tiga hal yang menjadi fokus dalam program Tol Berkeadilan yang ditawarkannya sebagai solusi bagi masalah ekonomi di Pantura

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close