Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jelang Iduladha, Mbak Puan Minta Pengawasan Tempat Penjualan Hewan Diperketat

Jumat, 08 Juli 2022 – 18:52 WIB
Jelang Iduladha, Mbak Puan Minta Pengawasan Tempat Penjualan Hewan Diperketat - JPNN.COM
Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah memperketat pengawasan tempat penjualan hewan kurban jelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, menyusul maraknya kasus penyakit mulut dan kuku yang mayoritas menyerang sapi. 

"Pengawasan harus terus dilakukan hingga saat-saat terakhir jelang Iduladha agar hewan yang dijadikan kurban benar-benar layak dan sehat," kata Puan dalam keterangannya, Jumat (8/7).

Dia juga mengingatkan Dinas Pertanian di tiap-tiap daerah untuk terus turun ke lapangan melakukan pengecekan di lapak-lapak penjualan hewan kurban di wilayahnya.

Puan juga meminta partisipasi masyarakat untuk melaporkan ke Dinas Pertanian setempat bila menemukan adanya hewan yang terindikasi tidak sehat. 

“Untuk masyarakat yang hendak berkurban, harus jeli dalam membeli hewan ternak," lanjutnya.

Cucu Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno itu menyarankan masyarakat agar membeli hewan kurban di tempat atau penjual yang memiliki sertifikasi. Dia berpesan pastikan hewan yang dibeli memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) agar aman untuk dikonsumsi.

Dia meminta warga yang menjadi panitia kurban agar mengawasi proses penyembelihan dengan seksama.

“Meskipun hewan yang terkena PMK aman untuk dikonsumsi setelah direbus minimal 30 menit, warga tetap harus waspada,” tuturnya. (mcr8/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Pemerintah memperketat pengawasan tempat penjualan hewan kurban jelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah

Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close