Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jelang Larangan Mudik, Penumpang Kapal Malam Kendari-Raha Membeludak, Lihat

Selasa, 04 Mei 2021 – 23:58 WIB
Jelang Larangan Mudik, Penumpang Kapal Malam Kendari-Raha Membeludak, Lihat - JPNN.COM
Calon penumpang kapal malam rute Kota Kendari menuju Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara membludak jelang larangan mudik pada 6-17 Mei 2021, Kendari, Selasa (4/5/2021). (ANTARA/Harianto)

jpnn.com, KENDARI - Calon penumpang kapal malam rute Kota Kendari menuju Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (SUltra) membeludak menjelang larangan mudik yang akan diberlakukan pada 6-17 Mei 2021.

Pantauan pada Selasa malam (4/5), calon penumpang kapal rela berdesak-desakan area pelabuhan dari pintu masuk hingga ke loket penjualan tiket.

Calon penumpang kapal malam bernama Injal (27) yang akan pulang ke kampung halamannya di Raha, mengaku sengaja mudik malam ini karena belum ada pemberlakuan larangan mudik.

"Kalau tidak pulang kampung sekarang, saya takut tidak bisa mudik nanti. Apalagi kami dengar tanggal 6 sampai 17 Mei itu, mudik sudah dilarang," ucap Injal.

Pemudik lainnya bernama Inong (20), bahkan rela mengantre tiket sejak pukul 17.00 WITA. Namun, hingga pukul 22.10 WITA dia belum berangkat karena terlambat naik kapal yang berlayar pada pukul 20.00 Wita.

"Saya ambil tiket dari jam lima sore, itu sudah mulai berdesak-desakan. Saya pulang karena kangen sama orang tua. Soalnya setiap tahun saya pulang kampung kalau lebaran," kata Inong.

Otoritas pelabuhan setempat mengeklaim menerapkan keamanan ketat bagi calon penumpang yang hendak naik ke dalam kapal. Antara lain wajib memiliki tiket, dan menaati protokol kesehatan seperti memakai masker.

"Kalau tidak punya tiket tidak bisa masuk, dan kita wajibkan mereka agar mematuhi protokol kesehatan," kata Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kendari Capt Andi M.

Otoritas pelabuhan mengaku kewalahan meladeni pemudik yang menggunakan transportasi kapal laut jelang larangan mudik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close