Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jelang Mudik Lebaran, Masyarakat Diimbau Perbaharui Imun Covid-19

Rabu, 06 Maret 2024 – 21:10 WIB
Jelang Mudik Lebaran, Masyarakat Diimbau Perbaharui Imun Covid-19 - JPNN.COM
Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) acara konfrensi pers dan temu media terkait Vaksin Covid-19 Mandiri di Kantor PAPDI, Jakarta, Rabu (6/3). Foto: source for jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) telah minta Kementerian Kesehatan untuk menganjurkan masyarakat menjalani vaksin booster Covid-19 menjelang mudik lebaran 2024.

Hal ini menyusul terbitnya Surat Edaran (SE) Dirjen Farmalkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI HK.02.02/E/2571/2023, tentang Penyediaan Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksin Covid-19 Pilihan.

Dr. Soekamto Koesnoe Sp.PD K-AI selaku Ketua Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI mengatakan vaksinasi booster Covid-19 mandiri sudah mulai dijalankan per 1 Januari 2024.

Disebutkan, bagi masyarakat yang tidak masuk dalam kriteria kelompok rentan, imunisasi Covid-19 menjadi imunisasi pilihan secara mandiri.

Vaksinnya bisa didapatkan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan vaksinasi Covid-19.

Adapun yang dianjurkan untuk mendapat vaksin Covid-19 di antaranya adalah kelompok rentan dengan komorbit dan bisa secara mandiri khusus yang menginginkannya.

"Per 1 Januari kemarin itu sudah ada kebijakan program akan dilanjutkan kepada kelompok komorbit lalu boleh dilakukan mandiri pada kelompok yang menginginkan," kata Soekamto saat ditemui di kantor PAPDI, Rabu (6/3).

Lebih lanjut, Dr. Soekamto mengatakan waktu ideal bagi masyarakat yang ingin pergi mudik lebaran dianjurkan untuk vaksinasi booster Covid-19, yakni minimal dua minggu hingga satu bulan.

Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) telah minta Kementerian Kesehatan untuk menganjurkan masyarakat menjalani vaksin booster Covid-19

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close