Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jelang Nataru, Dirjen Udara Evaluasi Pengelolaan Slot Time

Minggu, 17 Desember 2017 – 21:17 WIB
Jelang Nataru, Dirjen Udara Evaluasi Pengelolaan Slot Time - JPNN.COM
Pesawat AirAsia saat take off dari Bandara Ngurah Rai di Kabupaten Badung, Bali. Foto: Miftahudin Halim/Radar Bali

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso menginstruksikan evaluasi tim pengelolaan slot time penerbangan nasional agar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Aturan tersebut adalah Peraturan Menteri Perhubungan no. PM 57 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Alokasi Ketersediaan Waktu Terbang Slot Time Bandar Udara, serta Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara no. KP 112 tahun 2017 tentang Tata Cara Pengelolaan Alokasi Waktu Terbang (Slot Time) Bandar Udara, serta IM 16 tahun 2017

“Slot Time ini berdampak pada berbagai hal. Terutama dalam hal keselamatan penerbangan, apalagi ICAO telah mengeluarkan hasil audit pemenuhan Keselamatan penerbangan Indonesia saat ini sangat tinggi 81,15 persen dibanding nilai yang didapat selama 10 tahun terakhir ini," ujar Agus belum lama ini.

"Untuk itu kami selaku regulator perlu evaluasi berkala terhadap Penyelenggara Slot Time di Bandar Udara  Indonesia sesuai tata cara dan standar prosedur operasi (SOP) sehingga pelaksanaannya di lapangan bisa lancar tetap transparan. Selain itu kami juga akan menjaga SOP tersebut agar ditaati sehingga tidak merugikan  pihak- pihak yang berkaitan,” imbuh Agus.

Dalam hal keselamatan, slot time berperan untuk mengatur lalu lintas pergerakan pesawat di bandar udara sehingga teratur dan terhindar dari tubrukan antar pesawat atau dengan benda-benda lain.

Sedangkan dari sisi bisnis dan pelayanan, slot time berperan untuk mengoptimalkan kinerja semua pihak di bandar udara secara lebih efektif dan efisien.

"Jika slot time berjalan dengan lancar, kinerja maskapai akan lebih efisien karena tidak menghambur-hamburkan bahan bakar untuk hal-hal yang tidak perlu," jelasnyaa.

Dalam scope yang lebih luas, hal ini kata Agus juga akan mempengaruhi tingkat kepercayaan negara lain kepada penerbangan Indonesia.

Slot time berperan untuk mengoptimalkan kinerja semua pihak di bandar udara secara lebih efektif dan efisien.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close