Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jelang Pemilu, Awasi Pejabat Gunakan Fasilitas Negara

Selasa, 24 September 2013 – 07:39 WIB
Jelang Pemilu, Awasi Pejabat Gunakan Fasilitas Negara - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA -- Menjelang Pemilu 2014 pihak Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta jeli melihat kecenderungan pejabat yang memanfaatkan fasilitas negara untuk kepentingan politiknya. Hal ini disampaikan oleh  Pengamat politik Universitas Airlangga Erlangga Pribadi saat dihubungi JPNN pada Selasa (24/9).

Erlangga merujuk pada kasus Menteri Perdagangan Gita Wirjawan yang diduga gencar mengiklankan diri melalui iklan kementeriannya setelah ikut konvensi Capres Partai Demokrat

"Hal-hal seperti itu harus dikritisi. Jangan sampai kemudiana akses-akses pada sumber daya publik, jabatan pemerintahan, digunakan untuk kepentingan politik. Itu modus yang sering terjadi," tutur Erlangga.

Menurut Erlangga belum ada pengawasan seutuhnya dari lembaga pemantau pemilu resmi terhadap dugaan pemanfaatan fasilitas negara. Selama ini, tutur Erlangga, hanya diawasi hal-hal yanng bersifat teknis Pemilu. Oleh karena itu, masyarakat sipil yang diminta lebih awas dan mengkritisi tindakan pejabat yang demikian.

"Kalau ingin diawasi harus ada perubahan regulasi dan dukungan dari masyarakat sipil untuk mendesak pengawasan pemanfaatan birokrasi. Setidaknya bisa diminimalisir," tandas Erlangga. (flo/jpnn)

JAKARTA -- Menjelang Pemilu 2014 pihak Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta jeli melihat kecenderungan pejabat yang memanfaatkan fasilitas

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA