Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jemaah Calon Haji Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

Minggu, 28 Mei 2023 – 04:20 WIB
Jemaah Calon Haji Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem - JPNN.COM
Ilustrasi jemaah haji. Foto: ilustrasi/dokumentasi Antara

jpnn.com, JOMBANG - Jemaah calon haji (calhaj) diminta mewaspadai cuaca yang cukup ekstrem di tanah suci Makkah.

Untuk itu, jemaah calhaj harus mulai membiasakan diri menghadapinya termasuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

"Yang jelas cuaca lebih panas. Jadi, kami imbau agar jemaah membiasakan diri dari sekarang dengan banyak mengonsumsi vitamin dan air mineral," kata Kepala Kementerian Agama Kabupaten Jombang Muhajir, Sabtu.

Dia menambahkan pihaknya tidak ingin ada yang mengalami sakit berat karena dehidrasi sebagai dampak cuaca yang panas tersebut.

"Kami tidak ingin nanti karena faktor dehidrasi yang menimpa jamaah karena kekurangan air. Kami imbau agar mulai sekarang membiasakan diri konsumsi air putih," katanya.

Kemenag Kabupaten Jombang juga telah menggelar manasik haji untuk persiapan ibadah haji bagi jemaah calon yang hendak berangkat ke tanah suci. Kegiatan itu digelar di alun-alun Kabupaten Jombang.

Dalam kegiatan itu, dipandu petugas haji dari Kementerian Agama. Petugas memimpin dan memandu jalannya serta urut-urutan untuk menunaikan ibadah haji.

Jemaah calon haji saat manasik pun juga mengenakan baju putih khusus untuk haji. Hal itu dilakukan agar mereka lebih paham saat ibadah dilaksanakan.

Cuaca di tanah suci Makkah lebih panas dari biasanya. Jemaah calon haji diminta banyak mengonsumsi air putih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close