Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jembatan Ambruk Akibat Banjir, Akses ke Tiga Kecamatan di Aceh Timur Terputus

Minggu, 06 November 2022 – 22:09 WIB
Jembatan Ambruk Akibat Banjir, Akses ke Tiga Kecamatan di Aceh Timur Terputus - JPNN.COM
Warga menaiki perahu rakit melintasi jembatan ambruk di Ranto Pereulak, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (6/11/2022). Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, BANDA ACEH - Tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, Aceh, diterjang banjir pada Minggu (6/11/2022), setelah hujan lebat mengguyur daerah tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur menyebutkan banjir tersebut menyebabkan akses menuju tiga kecamatan tersebut terputus karena jembatan ambruk. 

"Akses tiga kecamatan terputus karena jembatan ambruk diterjang banjir," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Aceh Timur Ashadi di Aceh Timur, Minggu.

Tiga kecamatan tersebut yakni Kecamatan Peunarun, Kecamatan Serbajadi, dan Kecamatan Ranto Peureulak. Jembatan amruk tersebut merupakan jalan provinsi menghubungkan Kabupaten Aceh Timur dengan Kabupaten Gayo Lues.

Selain terputusnya akses di tiga kecamatan tersebut, banjir juga menyebabkan tiga desa di Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur terisolasi. Tiga desa tersebut yakni Gampong Blang Seunong, Gampong Pante Labu, dan Gampong Sijudo.

"Tiga desa tersebut terisolasi akibat banjir meluapnya sungai karena hujan lebat yang terus menerus mengguyur wilayah tersebut. Banjir luapan sungai tersebut juga menyebabkan ratusan warga mengungsi ke sejumlah titik lebih tinggi," kata Ashadi.

Ashadi mengatakan pihaknya sudah mengirimkan satuan tugas didukung tim SAR dan TNI serta Polri ke tiga desa terisolir tersebut membantu warga terdampak banjir.

“Tim masih di titik-titik banjir mengevakuasi warga yang terjebak banjir. Kami juga mengimbau warga mewaspadai banjir susulan karena potensi hujan masih terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Timur," kata Ashadi.

Tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, Aceh, diterjang banjir pada Minggu (6/11/2022), setelah hujan lebat mengguyur daerah itu dalam beberapa hari terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close