Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jenderal Gatot Inginkan Indoktrinasi Pancasila

Kamis, 01 Juni 2017 – 14:41 WIB
Jenderal Gatot Inginkan Indoktrinasi Pancasila - JPNN.COM
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memuji upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila yang dilakukan serentak di seluruh tanah air, Kamis (1/6). Gatot pun ikut hadir dalam upacara Hari Kelahiran Pancasila di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

"Ini kejadian yang sangat luar biasa. Beliau (Presiden Jokowi, red) menjelaskan dalam pidatonya sejarah lahirnya Pancasila, dan ini memang sesuatu yang harus (diperingati)," ujar Gatot usai upacara tersebut.

Dia memandang Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila merupakan hal yang sangat penting dan fundamental. Sebab, Pancasila merupakan ideologi dan pandangan hidup berbangsa.

"Dan yang paling penting yang dikatakan presiden, bagaimana mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Maka Pancasila adalah ideologi, ideologi harus ditanamkan dengan cara doktrin," tegas dia.

Gatot pun mengharapkan indoktrinasi Pancasila bisa dilakukan di setiap jenjang pendidikan dan masyarakat umum. Salah satu yang penting adalah mengenai ketuhanan dan kemanusiaan.

"Jangan sampai hanya sekadar wacana, tapi bagaimana mengimplementasikannya di masyarakat. Semua harus diajarkan sejak dini.  Kalau sampai di sini saja (peringatan, ) buat apa," tambah Gatot.(fat/jpnn)

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memuji upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila yang dilakukan serentak di seluruh tanah air, Kamis (1/6).

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close