Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jerman Bakal Rayu Iran demi Mencegah Pecahnya Perang Dunia III

Minggu, 05 Januari 2020 – 23:29 WIB
Jerman Bakal Rayu Iran demi Mencegah Pecahnya Perang Dunia III - JPNN.COM
Parade tentara Iran di Tehran pada April 2019. Foto: AFP

jpnn.com, BERLIN - Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas akan mengupayakan pembicaraan langsung dengan Iran guna meredakan ketegangan pascaserangan udara Amerika Serikat yang menewaskan komandan militer Iran Qassem Soleimani. Konflik terbuka antara Iran dan AS dikhawatirkan bakal memicu perang dunia ketiga.

"Dalam beberapa hari ke depan, kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk menetralkan peningkatan situasi lebih lanjut - di PBB, Uni Eropa dan dalam dialog dengan mitra kami di kawasan tersebut, termasuk dalam pembicaraan dengan Iran," kata Maas kepada surat kabar Bild am Sonntag.

Seperti dilansir, Maas berkoordinasi erat dengan mitranya dari Inggris dan Prancis, kepala urusan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell serta dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Kendati situasi di kawasan memanas, Maas mengaku pihaknya ingin melanjutkan pengerahan sekitar 120 tentara Jerman di Irak di bawah Operation Inherent Resolve pimpinan AS.

"Pertempuran melawan ISIS menjadi kepentingan Jerman dan akan terus seperti itu, dan Bundeswehr memberikan pelatihan penting untuk tujuan ini di lapangan," kata Maas kepada media tersebut.

Amerika Serikat beserta sekutunya menunda pelatihan pasukan Irak lantaran peningkatan ancaman yang mereka hadapi pascaserangan udara AS di Baghdad pada Jumat, menurut militer Jerman melalui surat yang dilihat oleh Reuters.

Maas menyebutkan situasi di kawasan menjadi lebih tidak stabil, tetapi hingga sejauh ini tidak ada ancaman nyata bagi Jerman dalam hal perjalanan. (ant/dil/jpnn)

VIDEO: Biang Kerok Mandeknya Sodetan Ciliwung

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas akan mengupayakan pembicaraan langsung dengan Iran guna meredakan ketegangan pascaserangan udara Amerika Serikat

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close