Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Amerika Bunuh Jenderal Iran, Pemberontak Yaman Ikut Murka

Minggu, 05 Januari 2020 – 21:07 WIB
Amerika Bunuh Jenderal Iran, Pemberontak Yaman Ikut Murka - JPNN.COM
Tentara Houti di Sanaa. Foto: Reuters

jpnn.com, SANAA - Kelompok pemberontak Houthi berencana menyerang pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Timur Tengah. Aksi nekat ini merupakan pembalasan atas tewasnya komandan senior Iran Qasem Soleimani.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok pemberontak Yaman itu menyebut pembunuhan Soleimani sebagai kejahatan perang. Menyerang pangkalan militer AS di kawasan adalah satu-satunya pembalasan yang setimpal bagi kejahatan tersebut.

"Orang-orang di kawasan itu harus menyadari bahwa keamanan dan stabilitas mereka tunduk pada upaya pembebasan hingga pengusiran penjajah Amerika," bunyi pernyataan tersebut.

Mohammed Ali al-Houthi, pemimpin kelompok Houthi, juga sangat mengutuk pembunuhan Soleimani dan menyerukan respons yang cepat.

Papan iklan besar yang memuat gambar Soleimani terlihat di jalan-jalan utama di Sanaa, ibu kota Yaman yang dikuasai Houthi. Sementara itu, para pejabat pemerintah Yaman yang didukung Arab Saudi mengutarakan dukungannya terhadap pembunuhan Soleimani dan menganggap tindakan AS tersebut sebagai langkah penting.

"Keterkejutan dan air mata yang ditunjukkan oleh para anggota Houthi di Sanaa pascapembunuhan Soleimani mengonfirmasi apa yang kami katakan tentang hubungan mereka dengan Iran," kata Menteri Informasi Yaman Muammar Iryani di akun Twitter resminya.

"Posisi kelompok Houthi tidak mewakili rakyat Yaman," tambahnya, lalu menyebut pembunuhan Soleimani sebagai langkah untuk merongrong kebijakan hegemoni Iran. (ant/dil/jpnn)

Kelompok pemberontak Houthi berencana menyerang pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Timur Tengah. Aksi nekat ini merupakan pembalasan atas tewasnya komandan senior Iran Qasem Soleimani

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close