Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

JICT Berinovasi untuk Tingkatkan Pelayanan di Masa Pandemi

Sabtu, 06 Juni 2020 – 02:57 WIB
JICT Berinovasi untuk Tingkatkan Pelayanan di Masa Pandemi - JPNN.COM
Suasana di Jakarta International Container Terminal (PT JICT) pada masa pandemi. Foto: Dok. JICT

jpnn.com, JAKARTA - Jakarta International Container Terminal (PT JICT) adalah salah satu perusahaan yang boleh bahkan harus beroperasi di masa Pandemi Covid-19.

Selain menjalankan serangkaian protokol kesehatan di wilayah kerja yang wajib dipatuhi oleh seluruh pekerja dan tamu, JICT juga terus berupaya meningkatkan kinerja pelayanan di seluruh bidang.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh JICT adalah mencari Inovasi berdampak efisiensi biaya dan waktu.

Di bagian Operasional, Saat ini, JICT sedang secara rutin melakukan Uji Coba Kegiatan Bongkar Muat bernama Dual Cycle Operation. Ini adalah sebuah kegiatan penggabungan pembongkaran sekaligus pemuatan petikemas dari dan ke atas kapal serta pengangkutan ke lapangan dengan satu rangkaian putaran truck yang sama.

Operasi Dual Cycling ini membuat kegiatan Crane Dermaga beroperasi dengan lebih efisien. Bukan hanya itu, uji coba ini juga mengurangi pemakaian bahan bakar truck yang mengangkat petikemas dari dermaga ke lapangan dan sebaliknya dan juga membuat ketahanan mesin menjadi lebih lama (Tidak cepat aus)

“Kami sedang mencoba untuk menganalisa dampak terhadap lingkungan. Bahan bakar yang lebih hemat dan penggunaan emisi yang terukur memungkinkan inovasi ini juga berdampak sangat baik agar JICT terus menjadi terminal yang ramah lingkungan,” ujar Gunta Prabawa, Direktur Utama PT JICT dalam keterangan persnya, kemarin.

Dia mengaku bangga katena Uji Coba Operation Dual Cycling ini telah membawa angin segar. Kemarin tanggal 4 Juni 2020, Kapal Hongkong Bridge yang dilayani dengan metode ini, berhasil selesai 12 jam lebih cepat dari jadwal original plan. GCR 32,80 Gerakan per Jam (Mph) dan  VOR 141.18 gerakan perjam ( mph).

“Ini menunjukkan semangat yang tetap terjaga dalam bekerja dan pencarian inovasi invovasi yang terus di tumbuhkan di JICT untuk dapat terus memenuhi kebutuhkan pelanggan di masa pandemi ini,” katanya.

Jakarta International Container Terminal (PT JICT) adalah salah satu perusahaan yang boleh bahkan harus beroperasi di masa Pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close