Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jika Gabung Koalisi Besar, PDIP Sama Saja Tunduk di Bawah Kendali Jokowi

Kamis, 06 April 2023 – 15:10 WIB
Jika Gabung Koalisi Besar, PDIP Sama Saja Tunduk di Bawah Kendali Jokowi - JPNN.COM
PDIP mengaku tertarik membangun komunikasi lebih intens dengan Koalisi Besar yang digagas oleh Presiden Jokowi. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - PDIP mengaku tertarik membangun komunikasi lebih intens dengan Koalisi Besar yang digagas oleh Presiden Jokowi.

Bahkan, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri siap menjadi tuan rumah pertemuan Koalisi Besar yang terdiri dari Gerindra, Golkar, PKB, PAN dan PPP.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menilai, masuknya PDIP ke Koalisi Besar bukan hal mudah.

Persyaratan yang diajukan PDIP untuk kursi Capres tentu akan menyulitkan bagi Koalisi Besar. Sebab, kata dia, Gerindra sudah pasti tidak akan mau menerima persyaratan itu.

“Bagi Gerindra, Ketua Umumnya Prabowo Subianto sudah harga mati harus jadi capres. Karena itu, Gerindra bisa saja tarik diri bila PDIP bergabung ke Koalisi Besar tetap memaksakan capresnya dari mereka,” kata Jamiluddin saat dihubung, Kamis (6/4).

Belum lagi, lanjut dia, Golkar yang juga menginginkan capres. Tentu hal itu juga akan menyulitkan keberlangsungan Koalisi Besar.

Jadi, persyaratan yang diajukan PDIP tampaknya akan membuat Gerindra dan Golkar sulit menerimanya.

“Selain itu, kalau PDIP mau bergabung ke Koalisi Besar, mengindikasikan Jokowi berada di atas angin. PDIP secara tidak langsung sudah berada di bawah kendali Jokowi,” tutur dia.

PDIP mengaku tertarik membangun komunikasi lebih intens dengan Koalisi Besar yang digagas oleh Presiden Jokowi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close