Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jika Gerindra dan Golkar Berkoalisi, Tidak Perlu Pusing Lagi, tetapi Lawannya Berat

Kamis, 03 Juni 2021 – 10:34 WIB
Jika Gerindra dan Golkar Berkoalisi, Tidak Perlu Pusing Lagi, tetapi Lawannya Berat - JPNN.COM
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat mengikuti rapat kerja Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (2/6). Rapat tersebut membahas RKA dan RKP Kemhan Tahun 2022. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, 13 Maret 2021, memunculkan spekulasi seputar pencapresan pada Pilpres 2024.

Pakar komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga mengatakan bila Prabowo-Airlangga berpasangan sebagai cawpres-cawapres pada Pilpres 2024, memiliki peluang menang karena keduanya dari partai yang mempunyai elektabilitas tinggi.

"Kalau Gerindra dan Golkar berkoalisi, sudah memenuhi ambang batas pencalonan presiden untuk mengusung Prabowo-Airlangga," kata Jamiluddin kepada JPNN.com, Kamis (3/6).

Menurutnya, pada Pileg 2019, Gerindra memperoleh 12,57 persen atau 78 kursi di DPR. Sedangkan, Golkar memperoleh 12,31 persen atau 85 kursi.

"Kalau dua partai ini berkoalisi, tidak perlu pusing lagi memperoleh perahu untuk mengusung duet Prabowo-Airlangga," ujar Jamiluddin.

Bahkan, kata dia, tidak menjadi persoalan jika Prabowo sebagai cawapres, Airlangga jadi capres.

Hal itu karena jika dilihat dari Pileg 2019, perolehan suara Gerindra dan Golkar tidak berbeda signifikan.

Namun, kata penulis buku "Perang Bush Memburu Osama" itu, dilihat dari elektabilitas personal, Prabowo jauh mengungguli Airlangga.

Jamiluddin Ritonga menganalisis peluang Gerindra dan Golkar berkoalisi mengusung Prabowo-Airlangga di Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close