Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

JIS Dinilai Belum Layak untuk FIFA Matchday, PSSI Singgung Harga Sewa Mahal

Sabtu, 10 September 2022 – 10:44 WIB
JIS Dinilai Belum Layak untuk FIFA Matchday, PSSI Singgung Harga Sewa Mahal - JPNN.COM
Jakarta International Stadium (JIS). Foto/dok: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PSSI menilai Jakarta International Stadium (JIS) belum layak untuk menjadi lokasi gelaran FIFA Matchday.

Sekjen PSSI Yunus Nusi bahkan menyinggung harga sewa stadion internasional itu yang disebut mahal.

“Kendala lain adalah biaya sewa stadion yang tinggi. Tim sekelas Persija Jakarta pun lebih memilih stadion di Bekasi. Tentu juga selain karena infrastruktur yang belum memadai,” ucap Yunus dilansir dari laman pssi.org, Jumat (9/9).

Yunus menyinggung hal ini setelah pihaknya melakukan inspeksi untuk laga FIFA Matchday.

Menurut dia, JIS belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur seperti area drop off tim hingga sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter yang menumpuk di barat dan utara.

Concourse timur, bahkan belum dapat digunakan, perimeter tribune perlu pengkajian ulang, pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh, dan sarana prasarana pendukung, seperti kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion yang belum sesuai standar.

"Karena itu, untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Matchday yang mengundang penonton sangat banyak, perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton, mulai dari 25, 50, 75, hingga 100 persen dari perhitungan maximum safety capacity," kata dia.

Yunus memaparkan untuk ukuran JIS yang begitu megah dengan daya tampung 80 ribu kursi, hanya bisa menampung parkir sekitar 800 unit kendaraan roda empat sangat berisiko.

Sekjen PSSI menilai Jakarta International Stadium (JIS) belum layak menggelar laga FIFA Matchday. Dia juga menyinggung soal harga mahal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close