Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Kandidat Wantimpres

JK dan Wiranto Dianggap Cocok, tetapi Tidak untuk Ahok

Rabu, 06 November 2019 – 19:14 WIB
JK dan Wiranto Dianggap Cocok, tetapi Tidak untuk Ahok - JPNN.COM
Jenderal (Purn) Wiranto semasa menjabat Menko Polhukam. Foto: dokumen JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Figur yang akan duduk di Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) masih misterius. Hingga kini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengumumkan sembilan nama untuk lembaga nonstruktural yang bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada kepala negara itu.

Menurut pengamat politik Ujang Komarudin, setidaknya ada dua nama yang pantas duduk di Wantimpres, yakni Wakil Presiden RI 2014-2019 Jusuf Kalla (JK) dan Menko Polhukam Kabinet Kerja Wiranto. Ujang menyebut kedua tokoh itu punya kapasitas dan pengalaman untuk duduk di Wantimpres.

"JK bisa (menjadi Wantimpres) karena berpengalaman di bidang ekonomi. Wiranto mungkin akan diakomodasi di bidang pertahanan dan keamanan," kata Ujang kepada jpnn.com, Rabu (6/11).

Bagaimana dengan nama mantan Gubernur DKI Basuki T Purnama alias Ahok yang juga disebut-sebut cocok menjadi Wantimpres? Ujang mengatakan, Presiden Jokowi akan menuai blunder jika menunjuk Ahok menjadi penasihatnya.

"Ahok sulit menjadi Wantimpres, karena akan memiliki resistensi bagi Jokowi. Akan banyak ditolak publik," terang dia.

Prinsipnya, kata Ujang, sosok Wantimpres adalah figur yang memiliki pengalaman, integritas, loyalitas dan keahlian. Selain itu, sosok Wantimpres terbebas dari penolakan publik.

"Wantimpres itu penasihat presiden, jadi harus punya keahlian. Jika tidak ahli, bagaimana ingin memberi masukan dan nasihat ke Presiden," tegas dia.(mg10/jpnn)

Pengamat politik Ujang Komarudin menilai Jusuf Kalla dan Wiranto pantas menjadi Wantimpres bagi Presiden Jokowi. Namun, Ahok dianggap akan memunculkan resistensi.

Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close