Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sosok dari Minang Ini Dianggap Layak Jadi Wantimpres Jokowi

Rabu, 06 November 2019 – 13:02 WIB
Sosok dari Minang Ini Dianggap Layak Jadi Wantimpres Jokowi - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (23/10). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dan hukum dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta Saiful Anam menilai tokoh dari Minang HM Darmizal layak menjadi Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres Joko Widodo.

Saiful menilai Ketua Umum Relawan Jokowi itu juga pasti memahami Presiden Jokowi. Sebab, Darmizal memiliki karakter yang sama dengan Jokowi karena punya latar belakang yang sulit di masa kecil.

Di samping itu, Darmizal juga punya jaringan yang luas serta sama-sama alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

"Jadi Darmizal pantas dipilih Presiden Jokowi sebagai salah satu dari sembilan orang anggota Watimpres," kata Saiful Anam saat dihubungi, Rabu (6/11).

Saiful menerangkan, orang-orang yang bakal mengisi posisi Watimpres harus punya kredibilitas dan kapasitas di bidangnya masing-masing. Dengan begitu, rekomendasi Watimpres nantinya benar-benar didengar oleh Presiden Jokowi.

"Presiden harus bijak dan juga berhati-hati dalam memilih tokoh yang akan duduk sebagai Watimpres," ujar Saiful.

Dosen Fakultas Hukum Unas ini menambahkan, Wantimpres bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden Jokowi dalam menjalankan kekuasaan pemerintahan.

Dia juga mengingatkan, sesuai UU Nomor 19 tahun 2006 tentang Wantimpres, pengangkatan anggota Watimpres sepenuhnya menjadi hak prerogratif presiden.

Orang yang bakal mengisi posisi Wantimpres harus punya kredibilitas dan kapasitas di bidangnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close