Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

JK : Jawa dan Bugis Paling Nikmati NKRI

Senin, 27 Oktober 2008 – 03:12 WIB
JK : Jawa dan Bugis Paling Nikmati NKRI - JPNN.COM
JAKARTA - Wakil Presiden RI HM. Jusuf Kalla mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga nilai kebersamaan yang terkandung dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ajakan ini, terkhusus ditujukan JK kepada dua etnis besar, suku Bugis Makassar dan Jawa. Alasannya, dua suku inilah yang dianggap JK paling menikmati NKRI.

"Dua etnis yang paling menikmati adanya negara kesatuan ini itu adalah Jawa dan Bugis Makassar. Karena, bisa dilihat, dimana-mana, dua suku ini selalu punya kampung tersendiri Di hampir semua daerah, selalu ada kampung Bugis Makassar atau Jawanya," tegas JK saat menyampaikan arahan dalam acara Halal Bihalal Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (26/10).

Dalam kesempatan tersebut, JK memastikan Halal Bihalal KKSS tidak ada unsur politiknya. Acara yang juga dihadiri sejumlah tokoh Sulsel seperti Wakil Ketua MPR RI HM. Aksa Mahmud, Wakil Ketua MPRI RI AM. Fatwa, Koordinator Staf Khusus Wapres HM. Alwi Hamu, duta khusus Timur Tengah Alwi Shihab,  Mantan Menkum HAM yang kini Dubes Moskow Hamid Awaludin, Anggota DPR RI Abdul Hadi Jamal, serta Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, murni untuk mengikat dan menjaga tali silaturrhami.

Karena yang paling menikmati, menurut JK, selayaknya dua suku ini jugalah yang harus berada di garis terdepan menjaga kesatuan Bhinneka Tunggal Ika. Suku Bugis dan Jawa yang sama-sama suka merantau, harus mampu membawa diri dan menjaga keterbukaan. "Artinya, kalau memang kita suka mendatangi daerah orang, maka kita juga harus membuka diri saat kampung kita didatangi orang," tambah JK.

JAKARTA - Wakil Presiden RI HM. Jusuf Kalla mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga nilai kebersamaan yang terkandung dalam Negara Kesatuan Republik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA