Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

JK-WIN Dianggap Pro Pasar Tradisional

Kamis, 11 Juni 2009 – 21:55 WIB
JK-WIN Dianggap Pro Pasar Tradisional - JPNN.COM
JAKARTA--Capres cawapres nomor urut 3, Jusuf Kalla-Wiranto atau JK-Wiranto, dinilai sebagai pasangan pro pasar tradisional dan kemandirian bangsa di banding pasangan capres cawapres lainnya. Hal ini ditegaskan pemerhati ekonomi pedesaan HM. Basofi Sudirman saat dihubungi Kamis 11 Juni. "Yang paling intens menggagas agar pasar tradisional kita hidup memang Jusuf Kalla. Mungkin karena dasarnya dia adalah praktisi ekonomi," tegas Basofi.

Basofi menilai diperlukan sikap aktif pemerintah dan masyarakat menyikapi kepungan pasar bebas saat ini. Tidak sebaliknya, bersikap defensif. "Bahkan kalau harus terpaksa defensif, kita defensif aktif," pinta mantan wagub DKI Jakarta ini.  JK, oleh Basofi, dinilai sebagai sosok pemimpin yang mencerminkan sikap tidak lepas tangan terhadap pasar tradisional. Itu, digambarkan dari sejumlah statemen JK yang sudah pernah ditegaskan seperti pasar Tanah Abang dan pasar tradisional lainnya lebih penting dari pasar saham dan bursa.

"Pemerintah memang jangan sampai lepas tangan. Profesionalisme harus terus bisa dijaga dan ditumbuhkan. Kalau dibiarkan tidak profesional dan minim dana, yakin saja mereka akan tergilas habis oleh para pemodal besar. Kasian mereka nantinya," tambah mantan Gubernur Jawa Timur ini.  Pasar tradisional, tambah Basofi, penting digarap secara maksimal. Sarananya juga harus mendapat perhatian yang tidak kalah besarnya.

"Pokoknya mulai tempat parkir sampai kenyaman pengunjungnya juga harus mendapat perhatian penuh," tandas Basofi. Walau dikenal sebagai mantan pengusaha besar dan wakil presiden RI, JK sangat aktif turun ke pasar tradisional. Sejumlah pasar tradisional telah disambangi JK, seperti Pasar Tanah Abang Jakarta, Pasar Johar Semarang, Pasar Beringhardjo Yogyakarta, dan pasar lainnya.

JAKARTA--Capres cawapres nomor urut 3, Jusuf Kalla-Wiranto atau JK-Wiranto, dinilai sebagai pasangan pro pasar tradisional dan kemandirian bangsa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA