Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Johan DPR Sentil Mentan Soal Harga Beras, Begini Kalimatnya

Senin, 10 Oktober 2022 – 08:50 WIB
Johan DPR Sentil Mentan Soal Harga Beras, Begini Kalimatnya - JPNN.COM
Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan merespons pernyataan Menteri Pertanian soal harga beras yang terus meroket dan malah menganjurkan masyarakat makan sagu sebagai substitusi dari konsumsi beras.

“Sebagai respons atas terus meningkatnya harga beras walaupun stok cukup, menurutnya saya, tidak bisa hanya menganjurkan substitusi pangan pokok seperti beras untuk pindah ke sagu karena urusan beras ini sensitif dan menyangkut kebiasaan konsumsi turun-temurun,” kata Johan Rosihan dalam keterangan tertulis pada Senin (10/10).

Oleh karena itu, Johan meminta pemerintah jangan terlalu menunjukkan kegagalannya dalam mengelola persoalan harga beras saat ini dengan anjuran tersebut.

Politikus PKS ini menegaskan Menteri Pertanian bertanggung jawab penuh untuk membela kepentingan petani dalam urusan kegiatan Pertanian.

Menurut Johan, seharusnya ada kebijakan pertanian yang membela kepentingan petani agar situasi terus meroketnya harga beras juga berdampak memberi keuntungan kepada petani.

Namun, kata dia, yang terjadi malah sebaliknya. Petani kita tidak menikmati kenaikan harga beras dan hal ini harusnya tugas menteri untuk memperjuangkan nasib petani yang terus terpuruk akibat sistem yang tidak membela petani.

Johan juga menilai potensi sagu di tanah air juga belum dikembangkan dengan baik padahal kebutuhan terhadap sagu juga terus meningkat setiap tahun.

“Jadi, ini tantangan Kementan ya untuk menjadikan sagu bisa mendukung program pangan alternatif dengan mengembangkan potensi lokal agar menjadi kekuatan pangan lokal, yang tentunya tidak bisa secara tiba-tiba mampu melakukan substitusi posisi beras sebagai pangan pokok strategis di tanah air,” ujar Johan.

Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan menyentil pernyataan Mentan soal harga beras yang terus meroket dan malah menganjurkan masyarakat makan sagu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close