Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi akan Groundbreaking Pembangunan Bandara VVIP IKN Nusantara

Kamis, 26 Oktober 2023 – 07:01 WIB
Jokowi akan Groundbreaking Pembangunan Bandara VVIP IKN Nusantara - JPNN.COM
Arsip foto - Desain Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP Ibu Kota Negara Nusantara. ANTARA/HO-Kementerian PUPR

jpnn.com - YOGYAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan seluruh program pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur berjalan mulus.

Menurut Basuki, progres pembangunan IKN Nusantara hingga kini telah mencapai 40 persen lebih.

"Yang dikerjakan sekarang juga sudah progresif, semua sudah lebih dari 40 persen," kata Basuki di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (25/10).

Basuki memastikan seluruh program pembangunan di IKN berjalan mulus sehingga kini sudah banyak bangunan yang berdiri di kawasan itu.

"Jadi, kalau dahulu misalnya ada enam bangunan, sekarang bangunannya sudah lebih dari 10. Kalau mau dipersentase membaginya naik turun, karena membesar, tetapi per program jalan baik," ungkapnya.

Dia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 1 November 2023 akan meletakkan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Bandara Very Very Important Person (VVIP) di IKN.

Dilansir dari laman LPSE Kementerian PUPR, nilai paket konstruksi fisik pemenuhan sebagian kebutuhan pembangunan Bandara VVIP IKN (sisi landasan udara) mencapai Rp 4,28 triliun yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023.

Bandara VVIP IKN memiliki runway 3.000 x 45 meter dan mampu didarati pesawat berbadan besar jenis Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.

Presiden Jokowi akan melakukan groundbreaking Bandara VVIP IKN Nusantara pada 1 November 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close