Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Jokowi: Alhamdulillah, Ini Jalan Tol Pertama di Kalimantan

Selasa, 17 Desember 2019 – 14:06 WIB
Jokowi: Alhamdulillah, Ini Jalan Tol Pertama di Kalimantan - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Bayu Prasetyo/Antara

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas tol Balikpapan - Samarinda (Balsam) seksi Samboja - Samarinda, di Gerbang Tol Saboja, Kalimantan Timur pada Selasa (16/12).

"Alhamdulillah pembangunan seksi dua, riga dan empat jalan tok Balikpapan - Samarinda telah selesai dan bisa dimanfaatkan," kata Jokowi dalam sabutannya.

Ketiga seksi jalan tol tersebut merupakan bagian dari 5 seksi yang direncanankan, atau sepanjang 58,7 km dari panjang keseluruhan 99,3 km. Sehingga tersisa dua seksi yang belum selesai.

"Tapi saya menanyakan kepada dirut Jasa Marga, ini akan diselessikan nanti insyaallah April 2020. Ini jalan tol pertama di pulau Kalimantan," sambung Presiden.

Jokowi mengatakan masyarakat dari Samarinda ke Balikpapan maupun sebaliknya, bisa lebih cepat dan efisien menempuh perjalanan.

"Yang biasanya dari Balikpapan - Samarinda memakan waktu kurang lebih 3 jam, 6 jam PP. Bila menggunakan jalan tol sakarang ini paling satu jam atau satu jam seperempat. Sehingga kecepatan, efisiensi bisa kita dapatkan," jelas Jokowi.

Selain memudahkan akses Balikpapan - Samarinda, tol tersebut juga diharapkan bisa tersambung ke kawasan produksi seperti industri kelapa sawit, batubara maupum pertanian.

"Jalan tol ini juga akan percepat akses ke wilayah kawasn ibu kota negara. Kawasan inti ibu kota negara. Tinggal menyambungkan dan saya minta 2020 jalan menuju ke kawasan ibu kota baru bisa disiapkan," tandasnya.(fat/jpnn)