Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Jokowi Dorong Dua Proyek Trans-Sumatera dan Cisumdawu Segera Rampung

Selasa, 07 Juli 2020 – 19:06 WIB
Jokowi Dorong Dua Proyek Trans-Sumatera dan Cisumdawu Segera Rampung - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menginginkan dua proyek jalan nasional rampung dengan segera.

Jokowi Dorong Dua Proyek Trans-Sumatera dan Cisumdawu Segera Rampung

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Jokowi itu dalam rapat terbatas membahas percepatan proyek strategis nasional jalan tol, yaitu jalan tol Trans-Sumatera dan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (7/7).

Dalam pengantarnya, Jokowi menjelaskan bahwa kedua jalan tol memiliki peran yang strategis, terutama dalam memberikan dorongan bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Rapat terbatas pada pagi hari ini kita akan lihat mengenai percepatan pembangunan proyek strategis nasional jalan tol, utamanya di Trans-Sumatera dan yang kedua di Cisumdawu. Ini dalam rangka memberikan daya ungkit percepatan pemulihan ekonomi nasional kita," kata Jokowi.

Jalan tol Trans-Sumatera memiliki panjang kurang lebih 2.765 kilometer. Presiden Jokowi berharap kehadiran jalan tol tersebut bisa mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Pulau Sumatera.

"Sehingga di sana akan ada efisiensi waktu tempuh dan juga bisa meningkatkan multiplier effect 2-3 kali lipat terhadap PDB (produk domestik bruto)," imbuhnya.

Berkaitan dengan jalan tol Trans-Sumatera, Jokowi menyebut kebutuhan untuk investasinya sebesar Rp 476 triliun. Dari total investasi itu, lanjutnya, masih ada kebutuhan tambahan pendanaan sebesar Rp 386,76 triliun untuk menyelesaikan keseluruhan ruas backbone sampai 2024.

Untuk itu, Jokowi meminta kelayakan finansialnya dikalkulasi, berikut opsi-opsi untuk tambahan ekuitas dalam melanjutkan proyek tersebut.

loading...