Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Harapkan Kemitraan ASEAN-India Pendorong Penyelesaian Isu Pangan dan Kesehatan

Minggu, 13 November 2022 – 05:53 WIB
Jokowi Harapkan Kemitraan ASEAN-India Pendorong Penyelesaian Isu Pangan dan Kesehatan - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo saat menghadiri pertemuan KTT ASEAN dan India ke-30 yang digelar di Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (12/11). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, PHNOM PENH - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kemitraan ASEAN dan India yang saat ini telah memasuki usia ke-30 dapat mendorong penyelesaian berbagai tantangan yang terjadi terutama untuk pangan, kesehatan, dan stabilitas di kawasan, khususnya Indo-Pasifik.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam KTT ASEAN dan India ke-30 yang digelar di Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (12/11).

Jokowi menjelaskan kemitraan ASEAN-India dapat difokuskan pada tiga hal, yakni menjadikan kawasan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang stabil, damai dan sejahtera, serta kerja sama di bidang kesehatan dan pangan.

Jokowi Harapkan Kemitraan ASEAN-India Pendorong Penyelesaian Isu Pangan dan Kesehatan

“Indo-Pasifik adalah kawasan yang strategis, maka kawasan ini tidak luput dari rivalitas yang jika tidak dikelola dengan baik akan dapat menjadi konflik terbuka. ASEAN-India harus dapat menjadi guardian bagi stabilitas dan kemakmuran di Indo-Pasifik,” kata Jokowi dalam KTT yang dihadiri oleh para pemimpin ASEAN dan Wakil Presiden India Jagdeep Dhankhar tersebut.

Presiden Jokowi juga mengingatkan bahwa Indo-Pasifik harus diisi dengan kerja sama konkret.

Karena itu, juga mengundang India untuk menghadiri Indo Pacific Infrastructure Forum yang akan dilaksanakan tahun depan dan bersamaan dengan berlangsungnya Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023.

Jokowi Harapkan Kemitraan ASEAN-India Pendorong Penyelesaian Isu Pangan dan Kesehatan

Presiden Jokowi berharap kemitraan ASEAN-Indonesia dapat difokuskan pada tiga hal, dua di antaranya terkait penyelesaian isu pangan dan kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close