Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Kerahkan Semua Elemen untuk Bangun Wamena Papua Lagi

Senin, 28 Oktober 2019 – 17:13 WIB
Jokowi Kerahkan Semua Elemen untuk Bangun Wamena Papua Lagi - JPNN.COM
Presiden Jokowi saat meninjau Pasar Wouma di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, pascakerusuhan beberapa waktu lalu, Senin (28/10). Foto : BPMI Setpres 

jpnn.com, WAMENA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung Pasar Wouma di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, pascakerusuhan beberapa waktu lalu, Senin (28/10).

Setelah melihat dampak kerusakan akibat kerusuhan tersebut, Presiden Jokowi menyatakan akan memprioritaskan rehabilitasi pasar yang menjadi salah satu titik kerusuhan di Wamena, beberapa waktu lalu.

"Pasar Wouma ini merupakan pasar di mana rakyat, masyarakat menjual produk-produk pertanian yang dihasilkan oleh masyarakat di Wamena dan di sekitar Wamena. Sehingga ini kita berikan prioritas, didahulukan," kata Presiden kepada para jurnalis seusai peninjauan.

Rehabilitasi Pasar Wouma sendiri ditargetkan akan rampung dalam tempo dua minggu. Zeni TNI ditugaskan untuk mengerjakan perbaikan pasar tersebut.

"Tadi saya sudah berikan target dua minggu rampung, dikerjakan oleh Zeni selesai. Insyaallah selesai dua minggu. Sudah langsung bisa dipakai, sehingga kegiatan ekonomi yang berada di pasar ini kembali pulih secepat-cepatnya," tutur suami Iriana itu.

Tak hanya pasar, Jokowi juga telah memerintahkan jajarannya untuk merehabilitasi rumah warga dan rumah toko (ruko) yang rusak akibat kerusuhan.

Menurutnya, perbaikan rumah warga akan dikerjakan secara swakelola, kerja sama Zeni dengan BUMN, agar lebih cepat.

"Ini kita ingin semuanya dikerjakan cepat, kembali semuanya normal, ekonomi juga bergerak kembali normal. Saya kira itu yang kita harapkan di Wamena. Bukan hanya ekonomi di Wamena dan sekitarnya, kita harapkan di Tanah Papua juga sama. Saya mengecek beberapa di Papua Barat, di sini, akan normal kembali," jelasnya.

Presiden Jokowi targetkan rehabilitasi Pasar Wouma di Wamena akan rampung dalam tempo dua minggu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close