Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Punya Harapan Besar untuk Pelabuhan Patimban di 2027

Sabtu, 30 November 2019 – 00:16 WIB
Jokowi Punya Harapan Besar untuk Pelabuhan Patimban di 2027 - JPNN.COM
Presiden Jokowi saat meninjau pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11). Foto: BPMI Setpres

jpnn.com, SUBANG - Presiden Jokowi meninjau perkembangan pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11). Dia menargetkan pelabuhan selesai dibangun pada tahun 2027.

"Kami harapkan ini akan menjadi sebuah pelabuhan besar nantinya di tahun 2027. Jadi memang pekerjaan yang besar, sehingga tahapan-tahapannya memang jangka panjang," kata Jokowi.

Pada tahapan pertama, investasi yang diperlukan untuk pembangunan pelabuhan itu kurang lebih sebesar Rp 29 triliun. Adapun nilai total investasi yang diperlukan hingga selesai nanti bisa mencapai Rp 50 triliun.

Jokowi mengatakan, total luas area Pelabuhan Patimban mencapai 654 hektare. Dari jumlah tersebut, 300 hektare di antaranya akan diperuntukkan bagi peti kemas dan terminal kendaraan.

"Memang ini nanti akan banyak yang untuk terminal kendaraan untuk ekspor mobil-mobil dari industri otomotif kita," imbuh mantan wali kota Solo itu.

Sementara itu, 354 hektare lainnya akan disiapkan untuk back up area. Adapun untuk kapasitas pelabuhannya yaitu sebesar 7,5 juta TEUS. Saat peninjauan itu, Jokowi melihat perkembangan pembangunannya sudah baik.

Untuk pembangunan akses menuju Pelabuhan Patimban, saat ini pemerintah sedang mengerjakan jalan non-tol yang targetkan selesai antara April atau Juni 2020.

"Ada fasilitas lagi yang namanya jalan tol sepanjang kurang lebih 37 kilometer dari Tol Cipali menuju ke sini. Sehingga kecepatan itu ada, efisiensi itu ada menuju ke pelabuhan ini," jelasnya.

Investasi yang diperlukan untuk pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang mencapai Rp 50 triliun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close