Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi 'Rayu' Apple Membangun Pabrik di Indonesia

Rabu, 17 April 2024 – 21:15 WIB
Jokowi 'Rayu' Apple Membangun Pabrik di Indonesia - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo saat bertemu CEO Apple, Mr. Tim Cook di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4). Foto: Biro Pers Istana

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas peluang ekspansi Apple ke tanah air, dan terlibatnya Indonesia ke dalam rantai pasok global.

Hal itu dibahas Jokowi saat menerima delegasi Apple di Istana Merdeka Jakarta, pada Rabu (17/4).

"Tadi, Bapak Presiden dan kami menerima CEO Apple, Mr. Tim Cook, untuk membicarakan berbagai rencana strategis Apple di Indonesia dan juga bagaimana Indonesia bisa menjadi bagian dari global supply chain,” ucap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Rabu.

Sementara itu, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan bahwa Jokowi juga mendorong Apple untuk menciptakan pabrik manufaktur di dalam negeri.

Dia mengungkapkan bahwa sejumlah komponen perangkat Apple sudah siap di Indonesia.

"Nanti setelah dari sini dari Kemenperin akan melakukan proses business matching, kami sudah punya list-nya terhadap komponen-komponen apa saja, komponen HP cellphone yang sudah diproduksi di Indonesia yang mungkin bisa kita kawinkan, namanya business matching,” ujarnya.

Kepala Negara mengajak Apple untuk membentuk pusat inovasi yang bekerja sama dengan universitas terbaik di Indonesia untuk pengembangan sumber daya manusia.

"Ini juga satu hal yang Tim Cook itu juga sangat eager untuk melakukan follow up. Banyak tadi juga dibicarakan bagaimana kita men-develop human resources atau human development yang ada di Indonesia melalui Apple," tutur Agus. (mcr4/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Jokowi membahas peluang ekspansi Apple ke Indonesia dan terlibatnya Indonesia ke dalam rantai pasok global.

Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close