Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Resmikan SPAM Kota Bandar Lampung Bernilai Rp 1,3 Triliun

Senin, 26 Agustus 2024 – 22:15 WIB
Jokowi Resmikan SPAM Kota Bandar Lampung Bernilai Rp 1,3 Triliun - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bandar Lampung di Kabupaten Lampung Selatan, pada Senin (26/8). Foto: dokumentasi Biro Pers Istana

jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Presiden Joko Widodo meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bandar Lampung di Kabupaten Lampung Selatan, pada Senin (26/8).

Menurut dia, peresmian itu adalah bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat di daerah.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa pembangunan SPAM ini telah dikerjakan oleh pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak tahun 2020.

"Hari ini akan diresmikan sistem penyediaan air minum di Kota Bandar Lampung. Ini merupakan salah satu proyek strategis nasional di Provinsi Lampung yang sudah dikerjakan sejak tahun 2020," ucap Jokowi seperti dikutip dari rilis resmi Biro Pers Istana.

Jokowi bilang bahwa SPAM yang dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp 1,3 triliun tersebut dapat memasok air bersih untuk 60 ribu rumah tangga di wilayah tersebut.

Kapasitas SPAM yang besar tersebut menyediakan air yang sangat jernih dan bagus.

"Yang disampaikan Bu Dirjen katanya lebih bersih, lebih bagus dari air kemasan karena NTU (Nephelometric Turbidity Unit)-nya 0,278 padahal standar dari Kemenkes itu 3, kalau air kemasan itu 0,8. Jadi lebih bagus," kata dia.

Untuk itu, Jokowi mendorong jajaran pemerintah daerah untuk memastikan rumah tangga sekitar dapat memiliki sambungan dari SPAM.

Presiden Joko Widodo meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bandar Lampung di Kabupaten Lampung Selatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA