Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Ungkap Tantangan Krisis Global Dunia

Jumat, 15 September 2023 – 16:30 WIB
Jokowi Ungkap Tantangan Krisis Global Dunia - JPNN.COM
Presiden Jokowi menghadiri Sidang Terbuka Dies Natalis ke-60 Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/9). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai dunia saat ini menghadapi banyak tantangan dalam berbagai aspek, mulai dari krisis energi, pangan, dan ekonomi, disrupsi teknologi, hingga tantangan geopolitik.

Hal ini disampaikan Jokowi saat berpidato pada Sidang Terbuka Dies Natalis ke-60 Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/9).

Presiden Jokowi menyebut tantangan-tantangan tersebut harus bisa dimanfaatkan oleh Indonesia dengan melakukan inovasi-inovasi besar sehingga bisa menjadi peluang bagi Indonesia.

"Dengan tantangan-tantangan yang ada tadi, kita perlu inovasi besar-besaran yang bisa menjadi terobosan, yang bisa menjadi langkah besar kita ke depan itu seperti apa untuk menjadikan permasalahan pangan dunia sebagai peluang Indonesia untuk menjadi lumbung pangan,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan ada kesulitan atau krisis, tetapi itu juga bisa menjadi sebuah peluang untuk meningkatkan kesejahteraan petani atau nelayan.

Presiden Jokowi juga berpesan kepada semua pihak agar tidak khawatir atau takut dengan banyaknya tantangan global.

Menurutnya, tantangan harus dihadapi dan diantisipasi dengan mencari solusi-solusi yang inovatif.

Dalam hal pangan misalnya, krisis pangan dunia terjadi akibat peningkatan jumlah penduduk setiap tahunnya, disertai dengan perubahan iklim seperti adanya ancaman Super El Nino, hingga karena situasi geopolitik di Ukraina-Rusia yang berkepanjangan.

Jokowi mengatakan ada kesulitan atau krisis, tetapi itu juga bisa menjadi sebuah peluang untuk meningkatkan kesejahteraan petani atau nelayan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close