Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Upayakan Bantu UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu, 15 April 2020 – 13:42 WIB
Jokowi Upayakan Bantu UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengupayakan memberikan bantuan kepada pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah dampak kelesuan ekonomi akibat virus Corona. Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas tentang Program Mitigasi Dampak Covid-19 terhadap UMKM melalui telekonferensi pada Rabu (15/4).

"Saya ingin menekankan beberapa hal, yang pertama mempercepat eksekusi program relaksasi restrukturisasi kredit bagi UMKM yang mengalami kesulitan. Mekanisme bantuan untuk kredit UMKM, baik itu berupa subsidi bunga, berupa penundaan bayar pokok, kemudian ini yang penting pemberian tambahan kredit modal kerja harus segera dilaksanakan," kata Jokowi.

Jokowi tidak ingin jajarannya menunggu UMKM bangkrut baru bekerja untuk menghidupkannya. Dia tidak mau ada keterlambatan sehingga menimbulkan masalah baru yang membuat gejolak di tengah-tengah masyakarat.

"Semua saya minta, semua kebutuhan betul-betul dihitung anggarannya dan sehingga kita nantinya bisa memutuskan," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga meminta adanya skema baru dalam pembiayaan agar menarik investor. Terutama berkaitan dengan modal kerja. Jokowi Ingin aspek itu dipermudah, terlebih di daerah-daerah yang benar-benar terdampak virus Corona.

Lalu, Jokowi juga meminta jajarannya menyiapkan skema bantuan sosial terkait sembako kepada pelaku UMKM dan ultramikro.

"Kemudian yang keempat, saya minta untuk UMKM diberikan peluang terus untuk berproduksi terutama di sektor pertanian, di sektor-sektor industri rumah tangga, serta warung-warung tradisional dan sektor makanan dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Jokowi. (tan/jpnn)

Jokowi tidak ingin jajarannya menunggu UMKM bangkrut baru bekerja untuk menghidupkannya.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close