Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

JPKL Harap Adanya Pencantuman Bahaya BPA di Kemasan Plastik Minuman

Jumat, 05 Februari 2021 – 14:19 WIB
JPKL Harap Adanya Pencantuman Bahaya BPA di Kemasan Plastik Minuman - JPNN.COM
Ketua JPKL Roso Daras (baju putih) sedang memaparkan alasan perlunya pemberian label pada kemasan plastik minuman dan makanan saat pertemuan dengan BPOM. Foto: JPKL

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Perkumpulan Jurnalis Peduli Kesehatan dan Lingkungan (JPKL) Roso Daras mengatakan, pencantuman label pada kemasan plastik dalam hal ini galon guna ulang yang mengandung Bisphenol A atau BPA sudah mendesak.

Menurut Roso Daras, pencatuman label BPA agar tidak dikonsumsi oleh bayi, balita dan janin pada ibu hamil.

"Karena ini sudah mendesak situasinya sedang tidak normal, kita (masyarakat, red) lagi menghadapi Corona jadi harus lebih hati-hati dalam mengonsumsi makanan ataupun minuman," kata Roso dalam siaran persnya.

Usulan ini disampaikan JPKL saat pertemuan dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang diwakili Direktur Pengawasan Produksi Pangan Olahan Cendekia Sri Murwani.

Roso menyampaikan bahwa dasar perlunya pemberian label tersebut, selain merujuk pada hasil penelitian, juga  kebijakan negara-negara maju yang sudah melarang penggunaan plastik BPA.

Roso menegaskan JPKL yang mempunyai perhatian sama dalam hal pengawasan terhadap peredaran makanan dan minumam, dalam hal ini fokus pada kemasannya.

Akan tetapi, kata dia, untuk bayi, balita dan janin pada ibu hamil tidak boleh adanya kandungan BPA.

"Jangan main-main kalau untuk bayi, balita dan janin pada ibu hamil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahaya mengintai dari risiko kanker, autis dan berat badan yang kurang," kata Roso Daras.

JPKL menilai pencantuman label pada kemasan plastik dalam hal ini galon guna ulang yang mengandung BPA sudah mendesak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close