Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jubir Anies: Prabowo Tak Paham Produksi Singkong, Pantas Food Estate Gagal

Rabu, 22 November 2023 – 10:37 WIB
Jubir Anies: Prabowo Tak Paham Produksi Singkong, Pantas Food Estate Gagal - JPNN.COM
Juru Bicara Anies Baswedan untuk Pilpres 2024 Angga Putra Fidrian. Foto: dok pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Potongan video “gagal jawab” calon presiden (capres) Prabowo Subianto terhadap pertanyaan masyarakat terkait solusi ekspor non-tambang dan regulasinya, viral di media sosial X (Twitter).

Insiden itu terjadi pada acara Diskusi Perwakilan Kiai Kampung Se-Indonesia yang digelar di Malang, Jawa Timur, Sabtu (18/11).

“Bapak paparkan jawabannya seperti (ekspor) nikel, biji besi dan segala macamnya. Kalau di Malang mohon maaf, itu tidak ada. Yang ada ketela pohon (singkong) dan lain sebagainya. Itu bisa saja diekspor, tapi kami tidak tahu caranya dan bagaimana regulasinya,” kata seorang ibu peserta diskusi.

Prabowo pun menjawab pertanyaan itu dengan memaparkan adanya kebutuhan sekolah, rumah sakit hingga aspal. Jawabannya juga melebar ke persoalan penerimaan uang atau pendapatan negara hingga impor gandum.

Warganet lantas ramai mempersoalkan jawaban Prabowo yang seolah-olah tidak menangkap esensi pertanyaan tersebut.

Polemik itu ditanggapi oleh juru bicara capres Anies Baswedan, Angga Putra Fidian. Dia menyebutkan hal itu disebabkan karena ketidakpahaman Prabowo terhadap produksi dan regulasi ekspor singkong.

Angga pun mengaku jadi tidak heran mengapa program “food estate” yang dipegang Kementerian Pertahanan, dengan singkong sebagai salah satu komoditas andalannya mangkrak, karena menterinya sendiri tidak memiliki kecakapan tentang singkong itu sendiri.

“Ya pantas saja jika mangkrak atau gagal, padahal sebenarnya caranya mudah dan sederhana. Kalau penghasil ketela atau singkong mau ekspor ya izinnya diurusin, dinaikin standarnya dengan kemudahan sertifikasi, juga dibantu didaftarin produk-produknya sampai dibantu promosinya ke luar negeri,” ungkap Angga dalam keterangannya, Selasa (21/11).

Jubir capres Anies Baswedan, Angga Putra Fidian menyebutkan hal itu disebabkan karena ketidakpahaman Prabowo terhadap produksi dan regulasi ekspor singkong

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close